Home » Blog » Wire Clip Jenis Dan Bagaimana Cara Menggunakannya ?

Wire Clip Jenis Dan Bagaimana Cara Menggunakannya ?

  • by
wire clip

           

Wire clip digunakan untuk menahan atau menyatukan ujung wire rope secara manual sehingga terbentuk mata seling yang biasa disebut sebagai Talurit. Wire clip merupakan salah satu jenis dari Aksesoris wire rope yang paling sering digunakan.

Nama lain dari wireclip juga disebut kuku macan atau klem seling , Apa aja sih jenis jenis kuku macan itu ?

Disini ada 3 jenis kuku macan yang harus kita ketahui, dan berikut jenis jenis nya.

Jenis jenis kuku macan :

1. Galvanised

2. Heavy Duty

3. Stainless Steel

Berikut penjelasan jenis jenis kuku macan :

  ” Galvanised “

kuku macan jenis ini proses akhir produksinya di lapisi oleh galvanised di seluruh bagian nya, di fungsikan agar kuku macan tidak mudah berkarat dan tidak merusak pada wire rope yang digunakan.

Berikut adalah gambar Galvanises kuku macan :

wirec clip

     ” Heavy Duty “

           Heavy Duty atau yang biasa di sebut kuku macan bulldog ini sama dengan galvanised kuku macan yaitu pada proses akhir produksinya ( finishing ) di lapisi oleh galvanised di seluruh bagian nya di fungsikan agar wire clip tidak mudah berkarat dan tidak merusak pada wire rope yang digunakan. Tapi perbedaan antara galvanises wire clip dan heavy duty wire clip / bulldog wire clip terletak pada model wire clip nya saja.

Berikut adalah gambar Heavy duty kuku macan ;

wirec clip

  ” Stainless Steel “

        Stainless Steel kuku macan ini berbeda proses akhir produksi nya dengan kedua kuku macan diatas.

Jika kedua kuku macandi atas menggunakan galvanises pada finishing produksinya, kalau stainless steel kuku macan ini menggunakan stainless steel pada proses akhir produksinya ( finishing ), stainless steel 304 dan stainless steel 316 yang digunakannya.

dan jelas kuku macan jenis ini akan lebih tahan dari karat dan lebih aman dan awet jika digunakan di area luar ( lapangan terbuka ) dan tidak akan merusak wire rope yang digunakan. Dan untuk stainlesa steel wire clip ini memang tegolong lebih mahal dari galvanises wire clip dan heavy duty wire clip.

Berikut gambar dari stainless steel kuku macan :

wirec clip

Bagaimana sih cara menggunakan ?

kuku macan dapat digunakan pada wire rope dengan cara ujung wire rope di masukkan pada kuku macan dan wire rope.dilipat sehingga membentuk lubang atau membentuk mata seling dengan disesuaikan ukuran yang akan digunakan, lalu jika sudah di lipat, ujung wire rope kembali dimasukkan ke dalam wire clip, dan baut yang ada di wire clip dikencangkan menggunakan kunci yang sesuai ukurannya, dikencangkan kedua baut tsb hingga wire rope terjepit dengan kencang dan tidak longgar agar wire rope atau Talurit aman saat digunakan.

Untuk penggunaan kuku macan agar lebih aman dapat diberikan 2 – 4 kuku macan setiap sisi pada talurit agar penggunaan dan kekuatan kuku macan lebih sempurna. Untuk lebih jelasnya yuk lihat videonya disini

Ada berapa macam sih ukuran ?

kuku macan memiliki berbagai macam ukuran dari kecil hingga besar mengikuti ukuran wire rope.

Mulai dari 3 mm ( 1/8″ ) sampai 86 mm – 90 mm ( 3-1/2″ )

Apa sih keuntungan dan kerugian menggunakan wire clip ?

Nah sekarang mari kita bahas satu per satu

KEUNTUNGAN atau KELEBIHAN menggunakan kuku macan :

1. Lebih Praktis

Dapat dilakukan oleh siapa saja karena proses pemasangan secara manual ( tidak memakai mesin )

2. Lebih flexible

       Dapat dilepas sewaktu waktu jika ingin merubah ukuran mata seling sesuai dengan yang diingikan dan digunakan kembali.

3. Lebih Hemat

        Harga lebih terjangkau dibandingkan dengan kita menggunakan ferulle ( press menggunakan mesin ),

KERUGIAN atau KEKURANGAN menggunakan kuku macan :

1. Kekuatan pada kuku macan tidak lebih atau sama dengan menggunakan ferulle ( press menggunakan mesin ), jadi dari segi kekuatan kuku macan ini kurang.

Selain itu kuku macan juga mempunyai berbagai jenis brand yang cukup terkenal dan tidak asing untuk pengguna nya

Brand Kuku Macan Yang Populer

  • Brand CROSBY
    Brand yang sudah sangat difavoritkan oleh pengguna aksesoris wire rope , karena kualitasnya yang bagus dan sudah terbukti selama bertahun – tahun , biasanya pemilihan brand ini dikarenakan tingkat keamanan yang cukup tinggi dalam penggunaannya dan tentu saja kualitas brand ini bisa dipertanggung jawabkan karena dilengkapi dengan sertifikat.
  • Brand Green Pin
    Green Pin merupakan salah satu alternatif jika merk crosby tidak ada / tidak cocok secara budget dikarenakan kualitasnya pun hampir sama didudukung dengan harga lebih murah namun tetap dilengkapi dengan sertifikat . Namun kembali lagi setiap brand pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan keputusan ada pada pengguna nya.
  • Brand RRT
    Kuku macan ini cukup digunakan untuk kegiatan lifting yang tdk memiliki resiko kerja yang tinggi , harga murah dan sangat mudah ditemukan di pasaran. Selain kualitas nya yang dibilang cukup rendah kuku macan jenis ini tidak mempunyai nilai pertanggung jawaban karena tidak disertai dengan sertifikasi. Jenis ini tidak di anjurkan namun kembali lagi pada kebijakan pengguna sebagai user yang akan menggunakan produk tersebut.

Nah dari pembahasan diatas sudah paham dan jelas kan apa saja jenis serta keuntungan dan kerugian menggunakan aksesoris wire rope ini. butuh beragam aksesoris lainnya yuk klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *