Home » Blog » Electric Chain Hoist Bersertifikat dan Berkualitas

Electric Chain Hoist Bersertifikat dan Berkualitas

  • by
electric chain hoist

Electric chain hoist merupakan salah satu alat berat yang banyak dibutuhkan oleh berbagai industri. Dengan adanya peralatan ini, semakin membantu proses pengangkatan maupun pemindahan barang dalam jumlah dan ukuran yang besar.

Chain hoist memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemindahan barang. Karena dengan adanya chain hoist, proses pengangkatan dan pemindahan barang menjadi lebih mudah. Tentunya beban barang yang diangkat dengan bantuan chain hoist bukanlah beban dengan berat 1 atau 2 kg. Namun puluhan atau bahkan ratusan kg. Tentunya akan sangat mustahil jika proses tersebut menggunakan tenaga manusia, apalagi dalam bobot barang yang cukup berat.

Mungkin sebagian dari kita masing kurang familiar dengan peralatan berat seperti electric chain hoist ini. Nah, melalui artikel ini kami akan menyampaikan informasi lengkap mengenai alat tersebut. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Electric Chain Hoist?

Electric chain hoistmerupakan alat bantu yang berfungsi untuk memudahkan proses pemindahan barang, atau benda berat dan pengangkatannya dari satu titik tempat ke titik lainnya dengan menggunakan bantuan rantai.

Electric chain hoist menerapkan sistem pengereman mekanik yang memungkinkan penguncian posisi pengangkatan, sehingga tidak akan membuatnya berpindah-pindah. Meski begitu, alat ini bukan berarti tidak bisa berpindah tempat. Pemindahannya dapat menggunakan konstruksi rel dan electric trolley.

Tak hanya itu,chain hoist menjadi alat bantu pemindahan barang yang aman karena terdapat mekanisme pencegahan pada beban tergelincir. Lalu juga ada saklar pembatas limit switch yang dapat mencegah pengangkatan beban dengan kapasitas yang berlebihan.

Pengoperasian chain hoist yang dioperasikan menggunakan mesin dengan rantai, yang dapat naik turun secara otomatis dapat mengangkat benda atau material berat. Biasanya, chain hoist sering digunakan pada chain bags maupun lifting swing untuk mempermudah pengangkatan beban ringan maupun berat.

Electric chain hoist

Fungsi Electric Chain Hoist

Chain hoist merupakan alat bantu pemindahan barang yang dapat digunakan di dalam dan luar ruangan. Pemindahan atau pengangkatan barang ini, dilakukan dengan posisi tegak lurus atau horizontal.

Pengopersian chain hoist biasanya dapat secara individu maupun dipasang pada I-Beam Steel, Jib Crane, Curve Track, Gantry Crane dan Overhead Crane. Jika chain hoist dipasangkan dengan crane justru akan mempercepat proses pengangkatan.

Saat menggunakan alat electric chain hoist ini, proses pemindahan barang atau benda berat menjadi lebih efektif. Selain itu, waktu yang dibutuhkan selama pemindahan juga tidak lama.

Berbeda dengan saat kita memindahkan barang secara manual pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika barang yang dipindahkan memiliki beban yang cukup berat. Pasti akan jauh lebih mudah saat menggunakan bantuan alat chain hoist ini.

Cara Kerja Chain Hoist

Chain hoist dan crane merupakan dua alat yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Keduanya memiliki prinsip kerja tertentu yang saling menguntungkan dalam pemindahan beban berat.

Terdapat dua sistem kerja yang diterapkan pada alat ini, yaitu secara manual dan electric hoist. Pengoperasian pada chain hoist manual tidak memerlukan daya listrik melainkan menggunakan prinsip kerja katrol.

Sementara pada electric chain hoistmenggunakan sistem kerja yang dioperasikan dengan listrik. Tentunya hal ini sesuai dengan namanya.

Selain itu, sistem kerja mekanik pada electric chain hoist memiliki dua sistem yaitu menggunakan rantai dan tali wire/sling hoist. Saat menggunakan chain hoist ini, paling tidak harus dilakukan proses perawatan selama 1 atau 2 kali dalam satu tahun.

Electric chain hoist

Aplikasi Chain Hoist Pada Industri

Electric chain hoistdapat mengangkat beban berat dengan kapasitas 500 kg hingga 35.000 kg. Ketinggian alat bantu pengangkatan ini, mulai dari 3 sampai 500 meter. Penggunaan electric chain hoist ini sering dimanfaatkan oleh berbagai industri. Melalui alat bantu ini dapat mengangkat benda berat, bongkar muat dan memperbaiki peralatan.

Berikut ini beberapa industri yang mengaplikasikan chain hoist sesuai dengan fungsinya masing-masing :

Industri perkapalan

Pada industri perkapalan, chain hoist menjadi alat bantu pengangkatan yang sangat menguntungkan. Penggunaan chain hoist beserta crane sering dimanfaatkan untuk memudahkan aktivitas pengangkatan barang di area sekitar kapal dan dermaga.

Industri konstruksi

Chain hoist seringkali kita jumpai pada industri konstruksi dan bangunan. Aplikasi alat ini biasanya dipasang pada crane maupun balok, agar dapat mengangkat dan menurunkan beban berat dengan mudah.

Beberapa beban berat yang dapat diangkat atau dipindahkan menggunakan chain hoist adalah pipa, metal, kaca, dan berbagai material lainnya.

Industri manufaktur

Chain hoist dapat diaplikasikan pada industri manufaktur yaitu untuk mengangkat beban atau material berat di bidang manufaktur seperti mesin, rangka kendaraan dan sebagainya.

Industri minyak dan pertambangan

Selain beberapa industri di atas, chain hoist dapat digunakan pula untuk mengangkat beban berat pada industri minyak dan pertambangan. Seperti misalnya untuk mengangkat pipa pengeboran, bahan konstruksi perminyakan dan sebagainya. Penggunaannya pun bisa di lautan maupun di darat.

Electric chain hoist

Kapasitas Pada Chain Hoist

Chain hoist dapat mengangkat beban berat dengan kapasitas mulai dari 0,1 ton sampai dengan 35 ton. Kebutuhan chain hoist dapat disesuaikan dengan kapasitas beban yang dibutuhkan sekaligus lingkungan kerjanya.

Berikut inilah beberapa ragam chain hoist dengan tingkat tonasenya :

  1. Chain hoist 0,5 ton
  2. Chain hoist 1 ton
  3. Chain hoist 2 ton
  4. Chain hoist 3 ton
  5. Chain hoist 5 ton
  6. Chain hoist 10 ton

Komponen-Komponen Pada Chain Hoist

Chain hoist dilengkapi dengan komponen-komponen pendukung yang memiliki fungsi masing-masing. Adapun komponen dari chain hoist yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Motor listrik

Motor listrik menjadi salah satu komponen penting pada chain hoist dan crane. Adanya motor listrik ini, dapat menggerakkan hoist melalui sistem kerja elektrik.

Electric hoist

Electric hoist merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur gerakan hoist. Tentunya untuk mengatur gerakan pada alat ini membutuhkan sumber listrik sebagai dayanya.

Rem motor

Rem motor merupakan komponen chain hoist yang berfungsi untuk menghentikan laju penggerak saat sistem berjalan.

Drum

Drum termasuk komponen yang dapat menjaga lilitan tali agar berfungsi dengan baik.

Pengarah tali

Pengarah tali berfungsi untuk mengatur dan menggerakan tali kawat baja.

Tali baja kawat

Tali kawat baja merupakan komponen yang berfungsi untuk mengangkat muatan dengan kapasitas atau berat tertentu saja.

Motor housing shell

Motor housing shell merupakan fitur pada chain hoist yang dipadukan dengan material aluminium, sehingga memiliki struktur yang ringan dan kuat. Selain itu, juga dilengkapi dengan dust-protection dan water-protection agar mesin dapat bekerja dengan baik.

Clutch

Clutch merupakan bagian yang terdapat di dalam motor housing shell. Fungsi dari clutch adalah melakukan perlindungan pada saat kapasitas benda yang diangkat mengalami overload. Apabila barang melebihi kapasitas maka motor akan tiba-tiba terhenti.

Side magnetic braking device

Komponen ini terbuat dari mekanisme yang canggih. Fungsi utamanya adalah untuk memastikan pengereman yang aman terutama pada beban dengan kapasitas yang berat. Dengan adanya fitur ini semakin menambah keamanan dan ketahanan rem motor.

Load chain

Load chain merupakan komponen pada chain hoist yang digunakan sebagai rantai penghubung dan sudah dirancang khusus untuk mengangkat beban. Rantai ini terbuat dari material baja, sehingga dapat dipastikan bahwa kualitasnya memang baik.

Cooling fan

Cooling fan merupakan fitur yang berfungsi untuk menghindari mesin dari overheat. Biasanya sering terjadi karena penggunaannya yang terlalu lama. Dengan adanya cooling fan ini, dapat mendinginkan mesin serta mengurangi suara bising saat pengoperasiannya.

Hook

Hook berfungsi sebagai pengait yang sudah didesain dengan sedemikian rupa, sehingga memiliki kekuatan yang baik. Pada hook ini dilengkapi dengan pengaman untuk memastikan pemindahan barang yang aman.

Hand switch

Hand switch merupakan fitur yang dilengkapi dengan tombol tekan untuk mengatur pemindahan barang baik secara vertikal maupun horizontal. Selain itu juga dilengkapi dengan tombol emergency yang dapat terhenti jika terjadi kesalahan.

Jenis-Jenis Chain Hoist

Chain hoist memiliki berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kapasitas pengangkatan barang. Memilih jenis chain hoist yang tepat akan semakin mempermudah proses pemindahan barang.

Berikut inilah jenis-jenis chain hoist :

Pneumatic Hoist

Jenis chain hoist pneumatic merupakan salah satu yang bermanfaat untuk mengangkat segala keperluan beban tertentu. Kontrol yang digunakan pada chain hoist ini adalah pendant control dan dilakukan oleh operatornya.

Electric Hoist

Electric hoist merupakan jenis hoist yang menggunakan wire rope pada drum. Hoist ini dilengkapi dengan rope guide dan di bagian drumnya terhubung dengan gearbox dan electric motor.

Manual

Jenis hoist manual merupakan hoist yang menggunakan sistem katrol untuk melakukan pengerjaan sistem.

Hydraulic

Hydraulic merupakan jenis chain hoist yang menggunakan sistem piston berbasis oil. Cara kerja sistem ini sesuai dengan hukum Pascal. Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan teori tersebut.

Jenis Crane Chain Hoist

Selain banyaknya jenis-jenis chain hoist, ada pula berbagai jenis crane untuk chain hoist sesuai dengan kapasitasnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Crane untuk chain hoist kapasitas kecil :

Portable Gantry Crane

Portable gantry merupakan jenis crane yang digunakan pada electric chain hoist yang memiliki kapasitas kecil. Jenis crane ini menjadi salah satu yang paling efektif untuk mengangkat beban berat dan harganya juga lebih ekonomis. Seringkali kita jumpai jenis crane ini di garasi, stasiun kerja dengan tingkat ringan.

Selain memiliki biaya yang ekonomis, portable gantry crane memiliki mobilitas yang tinggi serta pemeliharaan sistem yang sederhana. Pada operasi pengangkatan dengan jenis gantry crane sebaiknya gunakan chain hoist yang kapasitasnya rendah.

Crane untuk chain hoist kapasitas besar :

Gantry Crane

Gantry crane merupakan jenis crane yang cocok diaplikasikan di luar ruangan. Crane ini memiliki rangkaian derek dan kerekan yang dilengkapi dengan support legs beroda. Jenis crane ini biasanya dioperasikan pada landasan rail.

Gantry crane memiliki dua jenis grider yaitu single dan double. Kedua jenis grider ini dapat dipasangkan dengan cantilever di bagian sisi kiri dan kanannya. Jenis crane ini termasuk salah satu yang digunakan pada electric chain hoist yang kapasitasnya besar.

Semi Gantry Crane

Semi gantry crane merupakan jenis crane yang berasal dari rangkaian gantry crane. Akan tetapi pada crane ini hanya memiliki satu support legs yang digabungkan dengan rail yang berada di atas tanah maupun di sisi lain dari elevated runway. Tentu saja semi gantry crane ini cocok untuk chain hoist besar baik di dalam maupun luar ruangan.

Overhead Crane

Overhead crane merupakan jenis crane yang cocok untuk chain hoist kapasitas besar. Crane ini memiliki rangkaian hoist yang dipasang di atap bangunan yang fungsinya dapat mengangkat dan memindahkan beban berat.

Selain itu, overhead crane juga disebut dengan jembatan crane atau bridge crane yang banyak digunakan di dalam gedung dan luar ruangan.

Electric Overhead Traveling (EOT) Crane

EOT crane merupakan jenis crane yang sering digunakan pada electric chain hoist. Jenis crane ini sangat populer hingga dapat mengangkat beban sebesar 20 sampai 500 ton. Crane seperti ini akan dipasangkan pada langit-langit pabrik maupun untuk kebutuhan indoor dan outdoor.

Jib Crane

Jib crane biasa digunakan pada electric chain hoist berkapasitas besar. Jenis crane ini hampir sama dengan tiang untuk penopang atau pusatnya. Tiang tersebut, berada pada salah satu bagian ujung girder yang dapat berputar sampai 360 derajat.

Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Chain Hoist

Sebelum menggunakan chain hoist, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini :

  1. Saat mengangkat beban berat, pastikan beban tersebut tidak melebihi muatan daya angkut yang seharusnya dari alat ini.
  2. Saat menggunakan alat ini sebaiknya operator menggunakan alat pengaman, atau keselamatan seperti helm maupun safety shoes. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko kecelakaan kerja.
  3. Pastikan cek kestabilan dan keseimbangan alat sebelum digunakan untuk operasi.
  4. Sebisa mungkin hindari pengangkatan material secara mendadak.
  5. Apabila proses pengangkatan dan pemindahan barang sudah selesai, maka lepas alat bantu angkut satu per satu dari chain hoist.
  6. Pastikan untuk melakukan pengecekan dan perawatan alat secara rutin agar bekerja secara optimal.

Tips Perawatan Chain Hoist

Agar chain hoist tetap memiliki kinerja yang baik, maka sangat perlu untuk dilakukan perawatan alat. Selain itu, perawatan tersebut juga bertujuan untuk mengurangi resiko kegagalan angkat barang berat.

Dalam perawatan alat chain hoist ini, terdapat dua inspeksi yang bisa dilakukan yaitu secara periodik dan rutin. Berikut inilah penjelasan lengkapnya :

Pemeriksaan chain hoist secara berkala atau periodik

Dilakukan secara menyeluruh agar prosesnya berjalan dengan maksimal, maka perlu untuk pembongkaran alat tersebut. Selain itu juga dibutuhkan dokumentasi arsip setelah pemeriksaan selesai dilakukan.

Hal tersebut karena pembongkaran alat hoist harus sesuai dengan penggunaannya, sekaligus area kerja yang digunakan. Maka dari itu sangat dibutuhkan pemeriksaan yang terdokumentasi.

Pemeriksaan chain hoist secara rutin

Inspeksi chain hoist rutin juga disebut dengan inspeksi pra operasional, dan biasanya dilakukan setiap harinya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa, chain hoist yang akan digunakan dalam kondisi kerja yang aman. Selain itu juga dapat mengetahui apakah kerekan dapat bekerja dengan baik saat mengangkat benda.

Nah, itulah berbagai tips perawatan electric chain hoist yang perlu dilakukan baik secara rutin maupun berkala. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi chain tersebut agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Tak hanya itu, electric chain hoist dalam kondisi yang baik akan semakin meningkatkan kinerja yang lebih baik. Dengan begitu proses pengangkatan dan pemindahan barang dapat berjalan dengan lancar.

Informasi seputar electric chain hoist telah dijelaskan dengan lengkap diatas , jika anda membutuhkan electric chain hoist anda bisa langsung menghubungi tim marketing kami dengan klik link disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *