Home » Blog » Trackbelt Berbagai Jenis dan Manfaatnya

Trackbelt Berbagai Jenis dan Manfaatnya

  • by
trackbelt

Apa itu Trackbelt?

Trackbelt atau yang biasa disebut ratchet lashing atau cargo strap adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengikat atau menahan muatan, material atau cargo yang dimuat di kendaraan tertentu selama pengangkutan pemindahan dan penyimpanan. Rathet lashing biasanya terdiri dari 2 bagian yaitu tali panjang berbentuk anyaman polyester seperti webbing yang berfungsi sebagai sabuk pengikat dan di bagian ujungnya terdapat pengait khusus (gesper) berbahan besi yang berfungsi untuk mengencangkan ikatan tersebut.

Penggunaan trackbelt ini merupakan metode pengamanan yang modern, ringan dan sangat andal untuk mengamankan beban yang dimuat di kendaraan. Selain aman , penggunaan ratchet lashing ini juga sangat hemat dan ekonomis sebab rathet lashing bersifat reusable atau dapat dipakai berulang kali. Penggunaan trackbelt ini juga sangat aman dengan bahan sabuk yang kuat sebagai pengikat maupun penahan dan ketegangan yang terjamin hingga kunci (gesper) terbuka. Mekanisme penguncian dan pembukaan kunci juga aman dan cepat.

Jenis rathet lashing secara umum ada dua yaitu :

1. Trackbelt type Endless

Ratchet lashing ini terdiri dari anyaman polyester dan gesper saja (gambar terlampir)

2. Trackbelt Dua Bagian

Sistem pengikat ratchet ini terdiri dari anyaman polyester, gesper dan hook (pengait) di bagian ujung-ujungnya.

Rathet lashing ini dibuat dengan standar tertentu dengan berbagai jenis tonase dan ukuran panjang Berbagai keuntungan yang di dapat dari sistem penggunaan rathet lashing adalah sebagai berikut :

Keuntungan menggunakan Trackbelt

1. Sabuk pengaman yang berbahan anyaman poliester berkekuatan tinggi yang memiliki ketahan tinggi terhadap abrasi, lebih tinggi dari bahan yang setara dengan polipropilen/nilon.

2. Bahan berupa anyaman polyester tidak melemah seiring bertambahnya usia rathet lashing.

3. Kemampuan bahan menyerap goncangan saat digunakan selama pengangkutan pemindahan dan penyimpanan.

4. Tidak ada korosi / kerusakan lain yang tersembunyi (Kerusakan dapat dengan mudah dilihat / diperiksa dengan mata).

5. Untuk material yang diikat lebih aman/safety karena lebih sedikit resiko kerusakan pada beban atau permukaan benda yang dicat/dilapisi.

6. Rathet lashing bersifat lentur dan dapat menyesuaikan dengan beban sehingga mengurangi resiko kerusakan.

7. Mudah dan cepat digunakan sehingga menghemat waktu dan biaya.

Tips memilih dan menggunakan Trackbelt

1. Gunakan trackbelt yang diproduksi sesuai standard.

2. Pilih rathet lashing dengan kekuatan minimum yang jelas dan terukur (biasanya sudah tertulis di lembaran yang tertepel di sabuk/anyaman).

3. Periksa secara teratur dan berkala apakah ada luka, robekan atau kerusakan pada anyaman (sabuk), hook dan gesper.

4. Jangan pernah menggunakan tuas atau alat lain untuk mengencangkan tensioner trackbelt.

5. Hindarkan trackbelt dari benda tajam.

6. Jangan digunakan untuk mengangkat beban.

7. Jangan mengikat simpul di anyaman untuk mempersingkatnya, kencangkan ratchet sesuai standar.

8. Meski ratchet ini bisa digunakan berulang kali, Anda harus memastikan kondisi trackbelt prima saat hendak digunakan. Lebih baik ganti ratchet secara berkala agar terjamin keamanannya.

Cara Pasang Trackbelt Terbaik

Supaya pemasangan ratchet aman dan tepat, yuk simak video dibawah ini :

Di situansan.com kami menyediakan berbagai macam pilihan trackbelt dengan ukuran tonase (1Ton dan 5Ton) dan panjang yang bervariatif (6Mtr, 8Mtr, 10Mtr dan 12Mtr). Kami memiliki ratchet lashing yang diproduksi dengan standard dan merk kami sendiri yaitu “SAGAS”.

trackbelt

Mengapa harus memakai ratchet lashing yang dijual di situansan.com dalam proses mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari?

1. Jika Anda hendak mengangkut barang terutama barang berat, Anda harus menggunakan peralatan penahan beban yang sesuai dan aman untuk memastikan bahwa muatan Anda tidak lepas saat bergerak. Kegagalan dalam sistem pengamanan muatan dapat menyebabkan barang rusak dan cedera bahkan kematian apabila sampai terjadi kecelakaan.

2. Tali pengikat ratchet harus digunakan terlepas dari jarak entah itu lintas kota, lintas pulau ataupun lintas negara, saat memindahkan barang dari satu sisi ke sisi lain benar-benar aman sebelum diberangkatkan.

3. Situansan.com menyediakan ratchet lashing dengan pilihan tonase dan panjang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan dengan kualitas yang terjamin.

Bagaimana cara menggunakan ratchet lashing yang dijual di situansan.com?

Penggunaan rathet lashing merupakan metode yang luar biasa dalam proses pengamanan pemindahan dan penyimpanan material/cargo. Penggunaan alat ini untuk menjamin kemanan material/cargo agar tidak terjadi kerusakaan saat proses pengangkutan dengan kendaraan seperti truk, trailer, mobil pick up, kapal ataupun pesawat. Cara penggunaan rathet lashing adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Pastikan kendaraan Anda memiliki mata baut yang sesuai dengan tali pengikat dan berlatihlah mengunci tali sebelum Anda memuat cargo.

Langkah 2 : Letakkan cargo atau material Anda ke kendaraan secara benar dan strategis. Anda harus menata material sedemikian rupa sehingga tidak ada ruang untuk barang bergerak saat diikat.

Langkah 3 : Kaitkan setiap ujung tali rathet (hook) ke dalam baut. Pastikan ujung tali yang longgar dan gesper (besi pengencang) menghadap ke luar ke arah Anda.

Langkah 4 : Tarik ujung tali yang longgar untuk mengenangkannnya. Pastikan tali benar benar kencang dan rapat.

Langkah 5 : Tarik sampai ptngan diikat dengan pas.

Sudah tahu kan apa itu trackbelt? Kalau masih ragu bisa langsung hubungi situansan.com untuk info lebih lanjut. Kalau sudah tahu manfaat dari penggunaan barang keamanan modern ini segera klik aja banner di bawah ini untuk mendapatkan penawaran menarik dari situansan.com yuk klik disini

TRACKBELT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *