Home » Blog » Klem Selang Berkualitas dan Fungsi Utamanya

Klem Selang Berkualitas dan Fungsi Utamanya

  • by
klem selang

Setiap industri dan pekerjaan yang menggunakan berbagai jenis produk selang tentu saja mengenal sebuah istilah produk satu ini. Produk yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Klem Selang. Pengertian umum dari sebuah klem atau pengait adalah sebuah produk yang fungsinya untuk mengaitkan atau menyambungkan sebuah bagian agar tidak mudah terputus. Dijaman yang sudah sangat modern seperti sekarang tentu saja anda akan sangat mudah menemukan jenis produk ini , selain mempunyai fungsi sebagai penyambung ternyata klem selang ini juga mempunyai berbagai variasi ukuran hingga jenis yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan industri anda.

Fungsi Utama Klem Selang

Untuk mengetahui lebih detail tentang fungsi dari sebuah klem selang maka anda bisa mencoba atau menggunakannya secara langsung untuk industri anda , tenang saja fungsi dari klem ini sangat umum tidak terkotak dengan beberapa bidang saja. Semua industri besar dan kecil pasti ada aspek yang menggunkan produk ini, selain harga yang terjangkau penggunaan klem selang juga tergolong mudah.

Pemanfaatan dari klem selang biasa digunakan untuk selang gas , selang pipa serta masih banyak jenis selang lainnya yang dapat menggunakan klem ini. Karena perkembangan kebutuhan seperti yang telah kita bahas sebelumnya klem selang kini sudah digunakan di berbagai jenis industri seperti industri perkapalan , pabrik indutsri bahkan pengunaan pada industri otomotiv dan masih banyak industri lain.

Walaupun mempunyai kekuatan untuk menyambung berbagai jenis selang , dapat dikecualikan untuk jenis pipa yang mempunyai tekanan tinggi harus melakukan riset terlebih dahulu apakah klem selang mampu menahan tekanan dari pada pipa tersebut , untuk keamanan penggunaan pipa bertekanan tinggi memang lebih baik menggunakan fitting crimp bold atau fitting kompresi yang memang di buat untuk pipa bertekanan tinggi. Lakukan perlindungan diri terlebih dahulu sebelum anda melakukan pemasangan klem pada pipa yang bertekanan tinggi.

klem selang

Estimasi Harga Klem Selang

Semua jenis klem mempunyai manfaat yang sama , namun karena jenis nya yang beragam maka untuk klem selang juga mempunyai berbagai macam harga yang berbeda. Selain ukuran faktor pembeda dari pada klem selang juga bisa didasari pada perbedaan jenis materialnya. Memang sebagian besar hose clamp terbuat dari besi namun untuk beberapa pasar industri terdapat jenis lain yaitu stainless steel dan tembaga yang disesuaikan dengan lokasi penggunaan klem selang tersebut.

Memilih klem selang yang berkualitas tentu saja anda harus juga mempertimbangan kebutuhan dari lapangan , apakah klem selang yang dibutuhkan sesuai dengan kapasitas kekuatannya atau tidak.

Tips Memilih Klem Selang

Untuk menggunakan klem selang baiknya anda melakukan pemeriksaan secara keseluruhan pada fisik produk , karena untuk produk klem selang sangat rentan terjadi nya karat yang dapat menyebabkan keropos pada produk sehingga kemampuan produk untuk menyambung bisa tidak efektif.

klem selang

Jenis Klem

Dalam pembahasan artikel diatas kita telah menjabarkan lebih detail tentang salah satu enis klem yaitu jenis klem selang , namun ternyata masih banyak sekali jenis klem yang lain yang juga perlu anda ketahui supaya saat anda membutuhkan klem anda sudah dapat dengan jelas memilih kebutuhan produk yang tepat untuk indutsri anda. Yuk simak jenis klem sebagai berikut

Klem Tangan

Maksud dari jenis klem tangan ini adalah sebuah alat penjepit yang dapat langsung digunakan melalui tenaga manual manusia , posisi pengaturan bisa langsung dioperasikan dengan tepat saat anda melakukan proyek sebuah perakitan ataupun proses membuat sebuah produk sekalipun. Pembagaian gaya dari cara kerja klem tangan dibagai menjadi beberapa mode seperti bar , draw , toggle ataupun sistem pararel. Biasanya penjepit ini bisa digunakan juga untuk menjilid buku , membuat bingkai sebuah gambar , membuat pintu rumah dan juga secara umum digunakan untuk kebutuhan industri manufaktur.

Klem Angkat Material

Untuk menjelaskan jenis klem yang satu ini anda dapat melihat fungsi utamanya dalam menjepit dan menahan beban berat yang dilansir lebih besar fokusnya pada dunia konstruksi. Kapasitaas muatan berat bisa dimanipulasi dengan alat penjepit ini dengan tetap mencakup tindakan penjepitan yang tepat.

Selain untuk bidang konstruksi , jenis penjepit ini juga dipasang diberbagai jenis alat angkat industri lain seperti rel , grider , pengecoran , bahkan untuk kebutuhan pabrik dan masih banyak yang lainnya,

Klem Selang Mekanis

Nah kalau yang satu ini adalah primadona yang kita telah bahas di artikel pertama yaitu klem selang , biasa juga disebut dengan klem mekanis atau Hose Clamp. Tetap sebagai fungsinya penjepit alat ini digunakan untuk menjepit ujung-ujung pipa atau tabung selang. Yang belum dijelaskan dalam artikel sebelumnya bahwa klem selang juga mempunyai jenis pemakaian yang cukup beragam. Hose Clamp ada yang dapat digunakan secara permanen atau menempel dalam waktu yang lama dan ada juga yang hanya digunakan dan dilepas secara berkala. Oleh karen aitu pastikan anda telah mengedukasi pada pemakai bahwa untuk apa dan dimana hose clamp akam digunakan.

Klem Pipa

Mungkin secara awam dipahami bahwa klem selang dan pipa mempunyai kesamaan fungsi , namun pada nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar bahkan keduanya seharusnya mempunyai kelebihan masing-masing yang tidak dapat di satukan dalam satu produk. Fungsi utama dari jenis klem pipa ini adalah untuk mengamankan sebuah pipa , pipa yang dimaksud bukan hanya pipa gas dan galvanis yang digunakan untuk sebuah proyek konstruksi namun dapat juga dimanfaatkan untuk kebutuhan industri lain seperti otomotif yaitu untuk klem pada knalpot sepeda motor, rel pelindung bahkan untuk saluran air besar. Dengan berbagai pengaplikasian yang beragam maka jenis klem pipa pun tergolong banyak tergantung pada semua jenis pipa yang akan diklem ditambah lagi dengan lokasi dimana pipa tersebut terpasang.

Klem Kabel

Nah kalau jenis produk ini tentu lebih terkotak pada penggunaan aliran listri , kabel disini benar menyatakan bahwa alat ini digunakan untuk mengaitkan , menjepit ataupun menyambung kabel yang ada disekitar kita. Pemilihan untuk kebutuhan kabel yang ada dipasaran dibagi menjadi beberapa spesifikasi yang harus jelas disebutkan seperti diameter kabel luar , diameter lubang pada kabel , cara pemasangan dan juga bahan dari kabel itu sendiri. Karena memiliki resiko yang lebih besar sebelum membeli pastikan bahan yang anda pilih sesuai dengan keamanan anda. Ketepatan dalam memberikan spesifikasi sebelum membeli akan membantu tingkat keselamatan pengguna nya.

Klem Tanah

Wah kalau jenis yang satu ini pasti tidak umum sama sekali atu mungkin hanya beberapa kategori pengguna saja yang menggunakannya. Jenis klem tanah ini biasa digunakan didalam tanah untuk menata atau merakit jaringan kabel yang diamankan dibawah tanah. Tentu saja karena lokasi pemasangannya ada di bawah tanha maka material yang di gunakan sangat khusus. Material klem harus tahan terhadap korosi , kerusakan dari dalam tanah ataupun jenis resiko yang lainnya. Secara umum klem ini biasa juga digunakan untuk landasar paling dasar sebuah antena bahkan juga bisa digunakan untuk membantu proses pengisian bahan bakar pesawat .Pasti anda bisa membayangkan untuk jenis klem ini tentu mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibanding jenis yang lain karena mempunyai resiko kerja yang jauh lebih tinggi.

Selain bahan dan spesifikasi , anda juga harus memberikan pekerjaan untuk pemasangan alat-alat vital seperti ini pada tim ahli yang sudah berkecimpung di zona pengekleman supaya keamana dan ketepatan tetap terjaga serta tetap meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yang tidak kita ingingkan.

Klem F

Sesuai dengan namanya , jenis klem ini mempunyai bentuk fisik menyerupai huruf F. Fungsi utama dari jenis klem ini adalah menjepit bidang kerja dari ukuran yang kecil hingga besar sekalipun. Elastisitas yang ada pada jenis klem ini memudahkan penggunaan untuk berbagai ukuran penjepitan. Penggunaan jenis Klem F biasa digunakan untuk pengerjaan las , kayu serta untuk industri Logam.

Klem Pararel

Klem jenis ini hampir sama dengan bentuk f clem , fungsi juga masih sama untuk memberikan keleluasaan bidang yang akan dijepit. Penggunaan klem ini sangat ideal untuk industri kayu , rahang yang dimiliki dapat menjepit bukaan dengan ukuran yang sangat lebar. Tujuan dibuatnya jenis klem ini adalah mengurangi resiko bentuk kayu yang melesung pipit ada pada kayu.

Klem Aksi Cepat

Merupakan bentuk dari peningkatan dari kualitas F-Clamp maka jenis klem ini mempunyai keunggulan untuk dapat dioperasikan hanya dengan satu dorongan tangan . Bentuknya masih hampir sama dengan F Clamp yang mempunyai kapasitas bukaan yang lebar sehingga bisa digunakan untuk berbagai bidang.

Klem Pengunci

Sesuai dengan nama lengkapnya , sebenarnya semua jenis klem mempunyai pengait yang dapat menyambung ataupun mengamankan produk yang dijepit nya. Namun jenis klem pengunci ini mempunyai kelebihan sama dengan klem cepat yaitu dapat dioperasikan pengunciannya hanya dengan satu tangan.

Nah dari berbagai macam informasi diatas , sekarang anda sudah kaya informasi tentang Klem selang. Kami akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan klem anda dengan mudah dan cepat.

Jika anda membutuhkan Hose Clamp dengan pemakaian rutin yuk chat tim marketing kami dengan klik link disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *