Home » Blog » Beam Clamp Cara Pemasangan Yang Tepat

Beam Clamp Cara Pemasangan Yang Tepat

  • by
Beam Clamp

Dalam dunia lifting pasti ada sering melihat beam clamp, namun mungkin saja anda belum memahami sepenuhnya apa saja kegunaan beam dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Beam clamp merupakan jenis alata pendukung proses angkat yang berguna untuk membuat faktor keamanan proses angkat menjadi lebih aman, fungsinya untuk mengencangkan obyek yang diangkat dan membantu proses pengangkatan menjadi lebih praktis.

Beam clamp juga disebut dengan nama lain yaitu Girder Clamp , alat ini dapat difungsikan untuk mengangkat berbagai jenis obyek barang seperti kabel , barang yang tidak rata atau berulir dan juga obyek angkat lainnya. Cara menggunakannya cukup sederhana dengan memasangkan hoist pada landasasan yang difungsikan untuk mengangkat sebuah balok.

Kata lain untuk alat ini bisa disebut juga sebagai Pengunci besi ,karena sifatnya sebagai pelengkap yang penting maka alat ini harus dipadukan dengan alat lain. Sama seperti alat angkat atau aksesoris angkat yang lainnya , girder clamp mempunyai berbagai jenis kapasitas sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap industri dan proyek pasti mempunyai kebutuhan masing-masing sesuai kebutuhan lapangan. Beberapa contoh jenis ndustri yang menggunaan alat ini adalah industri pertambangan, konstruksi, transportasi dan lainnya.

Fungsi Girder Clamp

Fungsi utama dari Beam clamp adalah penjepit yang dipadukan dengan perangkat angkat yang lainnya seperti chain block , gantry , hoist dan lain sebagainya. Alat ini di pasangkan tentu saja untuk mengangkat obyek yang mempunyai berat sesuai dengan kapasitas kedua alat tersebut. Keutamaan dari bem clamp yang mempunyai berbagai jenis kapasitas yang tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan lapangan juga dapat disesuaikan dengan balok angkat utamanya yang terpasang secara permanen pula.

Cara Pemasangan Beam Clamp

Informasi sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian serta fungsi utama dari Girder Clamp , alat ini bisa dikategorikan sebagai alat yang cukup mahal oleh karena itu sebaiknya anda mengetahui cara instal Girder Clamp dengan baik dan benar sesuai dengan standart pemasangan aman. Hal tersebut ditujukan agar fungsi dan masa pakai beam clamp bisa sesuai dengan kapasitas standarnya. Menghindari kerusakan yang terjadi sehingga juga meminimalkan kerusakan yang terjadi pada beam clamp bahkan alat pendukung lainnya.

Instalasi Girder Clamp

Banyak tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi pada Girder Clamp supaya alat berguna dengan baik ,ayo kita pelajari bersama

  • Buka rahang penjepit yang ada pakai sisi utama hingga maksimal terbuka sehingga rahang pembuka bisa pas dengan balok yang akan dipasangkan
  • Pastikan sekrup terkunci dengan aman , sebelum menggunakan alat pastikan dengan benar alat sudah dikunci dengan penjepit hingga maksimal penjepit. Bisa dilakukan double check supaya alat benar dipastikan dengan benar telah terkunci , lakukan kedua kali pengecekan saat sebelum memberikan beban apapun pada

Kedua tahapan tersebut memang terlihat mudah dan praktis , namun tetap saja anda harus melakukan hal tersebut dengan sangta berhati-hati. Barang yang akan anda angkat bisa jatuh dan tergelincir jika idak dipasang dengan benar alat angkatnya, oleh karena resiko yang besar maka pastikan dengan teliti alat yang anda pasang sudah sesuai dengan standart keamanan yang sesuai.

Perhatikan Faktor Keselamatan

Setiap perusahaan pasti mengutamakan keamanan dan juga keselamatan bagi para pekerjanya, hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dan kelancaran sebuah perusahaan untuk berjalan dengan baik dan cepat. Bahkan tak jarang banyak perusahaan yang selalu mengutaman kedua hal tersebut menjadi pioner perusahaan yang maju dan akan terus berkembang. Sesuai dengan topik kita kali ini beam clamp juga merupakan salah satu usaha dari sebuah industri untuk memberikan keamanan bagi pekerjanya saat melakukan pekerjaanya.

Ada beberapa poin utama yang harus diperhatikan saat anda menginstal alat ini sebagai berikut

Tim Pengguna Harus Lengkap

Sebuah perusahaan biasanya mempunyai tim atau divisi masing-masing agar pekerjaan bisa dilakukan secara tim dan tentu saja meminimalisir terjadinya keterlambatan proses produksi atau pekerjaan yang ada, jika satu team mempunyai beberapa anggota pastikan anda mengumpulkan semua pengguna beam clamp sebelum menginstal alat tersebut. Seluruh tim harus memperhatikan proses instalasi dari awal hingga akhir , hal itu membantu keamanan para pengguna saat bekerja.

Kapasitas Sesuai

Selain cara instal yang benar anda juga harus memastikan bahwa kapasitas yang dipasang sesuai dengan kebutuhan lapangan anda, kapasitas aman yang harus dipilih harus sesuai dengan kebutuhan harus mempunyai standart keamanan kapasitas. Jika beban yang sering anda angkat adalah 1 ton , anda harus memilih kapitas yang lebih tinggi sehingga pekerjaan anda menjadi lebih aman.

Sesuaikan Ukuran Girder Clamp

Banyak pengguna yang terfokus untuk memilih kapasitas yang lebih besar saja untuk menggunakan alat ini hingga melupakan faktor ukuran beam clamp dan balok yang harus sesuai. Hindari dengan sangat untuk memaksakan ukuran beam clamp anda pada balok, jangan memaksa alat untuk bisa pas dengan balok. Jika memang kurang lebar maka anda harus membeli beam clamp yang jauh lebih besar. Karena walaupun kapasitasnya lebih besar belum tentu pas pada balok anda. Sangat di rekomendasikan untuk melakukan pengukuran ukuran balok sebelum anda membeli alat tersebut.

Gunakan Cadangan Alat

Untuk memberikan keamanan ganda pada pekerja anda, bisa digunakan dua alat dalam 1 balok. Hal tersebut memungkin kan agar obyek yang diangkat lebih stabil. Anda bisa meletakan beam clamp tegak lurus dengan gravitasi benda yang diangkat. Dengan posisi yang pas maka anda bisa mengurangi ketidakstabilan proses angkat yang anda kerjakan. Utamakan selalu keselamatan pekerja anda.

Tips Membeli Girder Clamp

Berbagai macam faktor keselamatan untuk menggunakan alat ini sudah kita pelajari di artikel sebelumnya , untuk memastikan anda memilih alat yang tepat anda harus memastikan beam clamp yang anda pilih sudah benar secara kualitas dan keamanannya. Berikut beberapa tips sebelum membeli girder clamp sebagai berikut:

Jenis Penjepit

Sebelumnya kita telah bahas tentang penjepit beam clamp yang benar seperti apa , namun ternyata anda juga harus memperhatikan jenis penjepit yang anda pilih yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan obyek angkat anda. Beberapa jenis penjepit yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda seperti baut , gunting ataupun bentuk seperti sekrup. Semua jenis tersebut dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan lapangan anda.

Kapasitas Balok

Jika kita selalu fokus pada kekuatan beam clamp , kita juga harus menghitung kapasitas beam atau balok yang menjadi penopang alat dan juga beban yang kita angkat. Karena sumber tumpuan yang di terima akan ditanggung oleh balok itu sendiri.

Jenis Alat Angkat

Karena sifat beam clamp yang menjadi aksesoris pendukung alat angkat, maka anda juga harus memikirkan jenis alat angkat apa yang akan dipasangkan dengan beam clamp. Pastikan alat bisa sesuai dan pas dengan beam clamp,sehingga fungsi nya pun bisa berjalan dengan baik untuk mendukung pekerjaan anda.

Status Aplikasi Beam

Status aplikasi beam yang dimaksud adalah apakah beam clamp terpasang secara permanen atau hanya sementara digunakan , karena jika dipasang secara permanen dan jangka waktu lama maka anda harus memilih jenis beam clamp yang berkapasitas maksimal sehingga anda tidak perlu mengganti ganti jika terdapat kenaikan beban angkat yang signifikan

Informasi mengenai beam clamp telah kita bahas di artikel diatas , namun jika anda menemukan kesulitan untuk memilih dan menentukan kapasitas dan beam clamp apa yang cocok untuk pekerjaan anda kami akan siap membantu anda. Untuk konsultasi gratis mengenai produk beam clamp dengan tim marketing kami, anda bisa langsung klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *