Home » Blog » Bar Bender Tips Aman Penggunaannya

Bar Bender Tips Aman Penggunaannya

  • by
mesin pembengkok besi

Di Jaman yang serba maju seperti sekarang semua manusia dituntut untuk bekerja lebih cepat , semakin praktis dan juga pastinya semakin efisian. Beberapa industri pun akhirnya mau mengikuti kemajuan jaman dengan selalu melakukan proses pengembangan dan perubahan dalam cara berfikir , cara bekerja bahkan cara menyelesaikan masalah. Wah menarik banget nih , cara menyelesaikan masalah biasanya hanya berpacu pada solusi pemecahan masalah itu sendiri . Disini kita akan bahas lebih menarik tentang sebuah solusi untuk para pelakuk usaha terutama di bidang konstruksi mengenai sebuah produk yang mungkin bisa dibilang tidak umum digunakan oleh semua pabrik , kesempatan kali ini kami akan membahas detail tentang bar bender atau mesin pembengkok besi. Dari namaya mungkin sudah dibayangkan bahwa alat ini berfungsi untuk membengkokkan sebuah besi. Nah untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari terlebih dahulu pengertian dari sebuah mesin pembengkok besi.

Pengertian Bar Bender

Pertama yang akan kita bahas adalah kenapa diciptakan produk ini ? Kebutuhan pasar akan kecepatan dan kepraktisan dalam mobilisasi produk atau material konstruksi menjadi sebuah penyebab yang sangat utama. Selama ini dipasaran sering kita lihat bahwa besi beton merupakan kebutuhan primer untuk semua jenis konstruksi atau pembangunan di negeri kita tercinta. Negara kita termasuk dalam negara berkembang sehingga pembangunan akan tetap berjalan untuk mengimbangi perkembangan negara itu sendiri. Besi beton yang penggunaannya jelas sangat besar dalam bidang konstruksi membutuhkan support dalam produksi sehingga produk tersebut tidak sampai habis dan sulit ditemukan dipasaran. Maka di cetuskan lah produk mesin pembengkok besi. Mesin ini juga disebut dengan Mesin Bar Bender.

Mesin Bar Bender adalah Mesin yang digunakan untuk membengkokkan atau menekuk besi atau baja tulangan sesuai dengan kebutuhan lapangan , atur berapa sudut bengkokan dan juga atur panjang besi yang akan dibengkokkan. Penggunaan dari mesin ini cukup mudah dengan memasukkan besi pada mesin dan lakukan pengaturan pada mesin dengan memegang ujung tulangan dibagian porosnya dengan sebuah alat yaitu kunci pembengkok. Langkah terakhir adalah dengan menekan sebuah pedal pada mesin agar roda berputar mengikuti pengaturan sudut yang sudah diatur.

Dengan adanya mesin pembengkok besi ini tentu saja pekerjaan sipil di lapangan akan terasa sangat mudah dan cepat , tanpa harus menggunakan tenaga manual manusia yang tentu saja terbatas . Apabila pekerjaan yang besar memerlukan kecepatan pengerjaan maka bisa dibilang mesin pembengkok besi ini sangat membantu proses penyelesaian sebuah proyek agar sesuai deadline yang ada.

Bar Bender

Tips Menggunakan Bar Bender

Sebelumnya kita telah melihat penjelasan tentang pengertian serta fungsi utama dari mesin ini , selain semua pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi memiliki resiko kerja yang tinggi maka dibutuhkan peranan penting sebuah baja dan besi yang berkualitas. Kekuatan dan kualitas sebuah material konstruksi akan sangat berpengaruh pada struktur bangunan yang harus diperhatikan untuk keamanan pengguna bangunan bahkan lingkungan sekitar dari bangunan tersebut. Nah kali ini kami aka memberikan beberapa tips untuk menggunakan mesin pembengkok besi ini dengan aman dan benar sebagai berikut :

Besi dan Baja harus dalam keadaan Bersih

Mungkin hal ini kurang diperhatikan dalam aplikasi lapangan , karena kebanyakan jenis besi memiliki perhatian yang minim untuk penempatan dan penyimpanannya. Sebelum melakukan proses pembengkokan anda harus memperhatikan kebersihan dari material itu sendiri, karena saat anda memasukan besi pada sebuah mesin maka otomatis jika ada kotoran maka kotoran tersebut bisa saja tertinggal pada mesin sehingga masa pakai mesin tersebut bisa berkurang bahkan resiko trouble pada mesin juga bisa terjadi. Maka dari itu tentukan user yang memang peduli pada penggunaan mesin ini. Mesin ini juga tergolong berharga mahal , sehingga pastikan anda juga merawat saat menggunakannya.

Cek Pengaturan Sudut dan Panjang Bengkokan

Setelah memastikan bahwa besi dalam keadaan bersih maka yang anda harus lakukan selanjutnya adalah memastikan pengaturan sudut serta panjang bengkokan yang anda inginkan sudah benar. Jangan lupa mengecek pula diameter besi sudah sesuai dengan kapasitas mesin . Jangan lakukan percobaan untuk membengkokkan besi diluar diagram atau panduan yang ada pada mesin , hal tersebut beresiko pada anda dan juga mesin itu sendiri. Keamana yang utama pada penggunaan mesin merupakan sebuah hal yang harus anda perhatikan dengan penuh.

Bengkokan Besi Sesuai Aturan Bar Bender

Standarisasi dari cara membengkokan mesin tentu saja sudah ada pada keterangan alat , namun yang paling utama adalah pada pemakai alat tersebut. User yang menggunakan mesin haruslah tau dengan benar tahapan dalam menggunakan alat tersrbut. User harus mengikuti panduan yang standar agar mesin bisa berjalan dengan aman.

Bar Bender

Perhatikan Diameter Besi Sesuai Bar Bender

Sebelumnya sudah kita bahas sedikit tentang ukuran besi hal ini bermaksud bahwa setiap mesin mempunyai kapasitas minimal hingga maksimal ukuran sehingga anda harus memastikan bahwa diameter yang anda masukan pada mesin sudah sesuai dan jangan mencoba mengupgrade kapasitas mesin secara sepihak , karena mesin sudah disetting sesuai spesifikasi yang ada. Jika anda ingin melakukan bending pada besi dengan ukuran diatas 2 cm maka pastikan adan menggunakan mesin pembengkok besi ini.

Jangan Bengkokan Berlawanan Arah

Setelah proses bengkok maka pastikan anda tidak melakukan pembengkokan ulang dengan arah yang berlawanan dengan bengkokan awal , karena hal tersebut akan sangat berbahaya bagi user dan juga mesin tersebut. Jika perlu ada memberikan note diatas mesin supaya jika user lain yang menggunakan sudah memahami larangan tersebut. Namun untuk bengkokan searah anda masih bisa melakukannya dengan syarat jika anda ingin meluruskan baja tulangan yang sudah dibengkokan maka harus memiliki jarak minimal 60 cm dari jarak bengkokan awal atau bekas bengkokan. Namun sebaiknya keduanya tetap anda minimalisir dengan menentukan perencanaan yang matang sebelum anda memutuskan untuk melakukan pembengkokan tersebut.

Besi Harus Dalam Keadaan Dingin

Proses pembengkokan yang dilakukan juga harus memperhatikan suhu dari material itu sendiri , sangat disarankan saat anda melakukan pembengkokan besi harus dalam keadaan dingin karena mesin tersebut juga memiliki aturan suhu pada benda yang dibengkokkan. Jika ada sebuah keadaan dimana anda harus melakukan bending saat besi dalam keadaan panas , maka harus disetujui oleh tim quality control proyek anda karena resiko rusak mesin menjadi pemicu utamanya. Jika ingin aman dan sesuai standarat operasional maka anda dapat menunggu terlebih dahulu hingga material tersebut pada suhu standart.

Jika tetap terpaksa melakukan pembengkokan saat material masih panas , jangan menyiram air pada material besi yang akan dibengkokkan ya karena jelas hal tersbut juga malah memperparah resiko kerusakan pada mesin pembengkok besi itu sendiri.

Baja Bekas Jangan diBengkokan Kembali

Jika masih ada besi atau baja tulangan yang sudah digunakan pada sebuah konstruksi karena alasan masih dapat dipakai maka dibengkokan kembali dan dipakai kembali , rasanya hal tesebut harus dijadikan sebuah larangan keras karena pasti berbahaya dan beresiko tinggi. Contoh Hal ini sudah jelas terlihat pada kebutuhan konstruksi , jika memang besi bekas yang sudah pernah terpakai pasti kualitas dari besi tersebut turun dan pasti jelas pada saat dibengkokan sesuai kebutuhan maka kekuatan nyapun semakin tidak sesuai dengan standart yang ada. Jika harus dilakukan pun kami tidak merekomendasikannya karena resiko berbahaya yang sangat tidak sesuai dengan standart keamanan pembangunan.

Periksa Ulang Hasil Bengkokan

Setalah melakukan proses pembengkokan sesuai standart yang ada maka anda harus tetap melakukan double cek pada hasil proses tersebut. Pastikan sudut , panjang dan diameter besi sesuai dengan kebutuhan.

Selain Mesin pembengkok Besi terdapat pula beberapa alat lain yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan konstruksi yang berhubungan dengan alat potong yaitu bar cutter atau alat pemotong besi , yuk kita pelajari apa saja detail tentang alat potong besi.

Pengertian Bar Cutter Manual

Masih berhubungan dengan dunia konstruksi , alat ini biasa disebut dengan gunting beton atau bar cutter. Fungsi nya jelas untuk memotong besi beton sesuai dengan kebutuhan anda. Jika ada memesan jenis material besi tentu saja sudah terdapat standart panjang yang ditentukan dari pabrik maka anda harus menyesuaikan kebutuhan anda dengan menggunakan alat pemotong ini. Alat ini mempunyai fungsi yang cukup beragam selain memotong juga dapat digunakan untuk membengkokan besi yang berukuran kecil , namun memang masih membutuhkan tenaga manual manusia sehingga jika anda menggunakannya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan mesin.

Selain bar cutter manual terdapat satu mesin yang juga disebut dengan Bar Bender untuk memotong besi dengan ukuran 6-12 meter yang tentu saja lebih cepat dan praktis. Fungsinya sama untuk memotong dengan kecepatan dan ketepatan yang lebih presisi.

Informasi mengenai mesin pemotong besi sudah dijelaskan diatas , ada beberapa tambahan informasi mengenai alat pendukung konstruksi yang lainnya seperti diatas. Jika anda masih ragu dan bingung alat apa yang cocok untuk kebutuhan anda , anda dapat langsung menghubungi tim marketing kami dengan klik link disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *