Home » Blog » Baju Pelampung Banyak Jenis Apa Saja ?

Baju Pelampung Banyak Jenis Apa Saja ?

  • by
baju pelampung

Banyak yang tidak familiar dengan Life Jacket bahkan mungkin user sendiri pun banyak yang menyebut dengan nama lain. Yappsss. Life jacket bahasa umumnya dikenal dengan nama Baju Pelampung. Baju pelampung temasuk salah satu alat keselamatan saat pengguna dalam keadaan darurat di diatas permukaan air.

Baju pelampung dirancang untuk membantu penggunanya baik secara sadar ataupun tidak tetap dapat mengapung dengan kondisi wajah lebih tepatnya mulut dan hidung tetap mengapung diatas permukaan laut.

Life Jacket ini telah di ciptakan dan sudah disetujui oleh Biro Klasifikasi Indonesia atau yang sering disebut BKI. Baju pelampung sering digunakan untuk berbagai bidang seperti pelaut , rekreasi laut ataupu bidang pelayaran.

Selain wilayah air , Life Jacket juga digunakan sebagai alat keselamatan juga untuk bidang trannsportasi udara seperti helikopter dan pesawat. Dan juga bisa digunakan untuk anggota militer seperti angkatan udara , angkatan laut dan bahkan kepolisian.

baju pelampung

Jenis-Jenis Life Jacket

Busa Steriofarm
Jenis ini terbuat dari busa yang dibungkus didalam Life Jacket , biasanya jenis ini digunakan untuk kondisi yang tidak terlalu darurat seperti untuk rekreasi air ataupun untuk kendaraan bis sebagai alat perlindungan jika terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan air.
Warna dari baju pelampung didominasi dengan warna cerah seperti orange , kuning sehingga mempermudah proses evakuasi apabila telah terjadi kecelakaan. Dan standart nya Life Jacket dilengkapi dengan peuit dan lampu yang bisa hidup walaupun telah terendam air,

Pelampung jenis balon udara
Pelampung jenis ini dikembangkan dengan menarik pemicu udara tabung CO2 yang mengisi Life Jacket, dan biasanya jenis ini digunakan untuk transportasi udara yang memiliki intensitas kecelakaan berbahaya seperti pesawat terbang.

life jacket

Masing-masing type tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan pastikan anda memilih jenis Life Jacket yang sesuai dan cocok untuk untuk kebutuhan anda.

Jenis Life Jacket Khusus antara lain :

Type 1 PFD – Untuk Off shore

Jenis ini cocok digunakan untuk perairan yang tidak tenang , seperti bidang keselamatan kapal antar pulau , olahraga arum jeram , pelaut di laut lepas dan kegiatan evakuasi yang memerlukan keamanan tingkat tinggi.

Bahan dari baju pelampung ini dibuat dengan daya apung yang lebih lama dari baju pelampung umum , didesain dengan bentuk legher yaang lebih panjang supaya bisa melindungi bagian kepala belakang dari benturan ombak .Dan saat menggunakan pelampung ini diwajibkan menutupi seluruh bagian kepala belakang , bahkan telinga sekaligus sehingga dalam keadaan darurat di ari pengguna tetap bisa mengapung dan menghadapkan kepalanya ke atas permukaan air.

baju pelampung

Type II PFD – Near Shore Life Jacket

Jenis ini digunakan untuk perairan dalam dan tenang seperti pantai , antar pulau yang tidak jauh , evakuasi penyusuran air tenang dan danau serta lainnya.

Fungsinya membuat penggunananya akan tetap mengapung dengan konisi meghadap atas meskipun kondisi pengguna sedang sadar atau tidak sadar. Dengan otomatis pelampung ini akan membuat posisi badan pengguna menghadap atas, pelampung ini dibuat dengan warna cerah dan terdapat juga reflektor , lampu serta peluit. Apabila menggunakan jenis pelampung ini harus segera di lakukan pertolongan apabila terjadi kecelakaan . Sangat tidak disarankan untuk menggunakan jenis ini di perairan lepas.

life jacket

Type III – Flotation Aid

Jenis ini digunakan untuk kegiatan olahraga dengan desain pelampung yang membuat penggunanya tetap bisa bergerak bebas , sangat cocok untuk kegiatan rafting , jeetsky dan olahraga lainnya. Desainnya simple dan cocok untuk pengguna profesional atau pengguna yang sudah terlatih untuk mengendalikan tubuh. Karena desain tanpa pelindung untuk leher dan kepala, pelampung ini tidak cocok digunakan saat pengguna dalam keadaan tidak sadar karena bagian tubuh/ kepala bisa menghadap ke bawah.


Life Jacket atau Baju Pelampung biasanya digunakan dalam keadaan darurat namun setiap bidang yang mempunyai resiko kerja di air diwajibkan menggunakan alat pelindung ini. Dengan model yang praktis dan ramping membuat peyimpanan baju pelampung ini lebih mudah dibandingkan alat pelindung di air lainnya sepert perahu karet , ring buoy dan lainnya.


life jacket

Kenapa Life Jacket berwarna orange dan didominasi warna terang?


Karena untuk alat keselamatan sesuai peraturan pemerintah harus memenuhi sekmen atau bagian yang mudah terlihat . Reflektor pada pelampung juga didesain mengkilap sehingga mudah dilihat dalam keadaan darurat seperti gelap dan hujan. Sehingga jika terjadi kecelakaan akan mudah saat melakukan evakuasi.

Life Jacket tetap memiliki Kekurangan?

Banyak yang salah paham atas manfaat dari life jacket ini , banyak yang kurang tau bahwa daya apung pelampung akan berkurang sebanyak 5% dari daya apung awalnya jika life jacket terus direndam air dalam waktu 24 jam namun penggunanya masih bisa tetap mengapung .

Namun walaupun seperti itu , tetap dibutuhkan alat pelindung seperti baju pelampung dalam setiap moda transportasi khusunya air dan udara.

Ukuran Baju Pelampung

Mungkin sobat masihragu dalam memilih ukuran , takut kebesaran ataupun kekecilan? Tenang sobat , life jacket ada beberapa ukuran dan masing-masing memiliki batas penggunaanya disesuaikan dengan berat badan sobat

  • Ukuran S Untuk Berat Badan 40-50 Kg
  • Ukuran M Untuk Berat Badan 50-60 Kg
  • Ukuran L Untuk Berat Badan 60-80 Kg
  • Ukuran XL Untuk Berat Badan 80-100 Kg

    Baiklah sobat setelah kita bahas tentang apa itu Baju pelampung apa masih bingung jenis mana yang cocok untuk sobat gunakan dalam menjaga keselamatan? Yuk selalu utamakan keselamatan dimanapun sobat berada . Butuh baju pelampung ? Klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *