Home » Blog » Traffic Block Apakah sama dengan Road Barrier ?

Traffic Block Apakah sama dengan Road Barrier ?

  • by
traffic block

Pernahkah anda melihat atau menemukan pembatas jalan warna oranye yang sering di gunakan untuk menutup atau membatasi jalan?
Itulah yang disebut dengan Traffic block atau orang biasa menyebutnya dengan sebutan Road barrier.

Road barrier adalah salah satu jenis rambu keselamatan yang digunakan penanda alat pembatas jalan raya maupun penanda jalan bebas hambatan.
Sebagai contoh penggunaan pembatas jalan ini bisa Anda temukan dalam bentuk pelindung jalan tol dan jalan raya. Salah satu pemasangan pagar pembatas di jalan tol ini antara lain sebagai pengaman, penampang melintang jalan terbatas, pemisah antara satu jalur jalan dengan jalan lainnya.


Jadi produk road barrier ini dapat dilihat di berbagai jalan raya umum ataupun jalan tol yang ada di Indonesia terutama area kota besar.
Pemerintah akan dapat mengatasi tingkat kemacetan jika mengaplikasikanroad barrier karena arus lalu lintas dapat diarahkan lebih rata dan bisa membagi ruas jalan antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu pemanfaatan road barrier dapat digunakan agar dapat mengurangi angka kemacetan yang pada umumnya terjadi di jalan raya serta memberikan keselamatan bagi pengguna jalan.


Sebagai pengarah dan pengatur jalan adalah kegunaan dari pengaplikasian road barrier yang dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi para pengendara karena mereka tidak akan mengalami kesulitan lagi di dalam membedakan manakah jalan yang semestinya dilewati.

Pihak pemerintahan yang sering menggunakan produk traffic block berbahan dasar plastik adalah Polri dan Dishub. Dengan itu road barrier juga diguanakan petugas negara menjadi lebih mudah dalam mengatur lalu lintas yang terjadi,road barrierakan diaplikasikan untuk memberikan batasan supaya para pengendara melewati lajur jalan yang telah ditetapkan. Produk traffic block telah memiliki desain khusus di mana pada bagian permukaan nya diberikan lubang pengait sehingga nanti bisa dihubungkan dengan road barrier yang lain. Susunan antara traffic block satu dengan yang lain dan disambung akan membentuk suatu barisan yang kuat dan tidak mudah ditembus oleh pengguna jalan raya .Pengaplikasian barikade inilah yang nanti dapat mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan yang biasanya terjadi di area tersebut.

Sejarah dari Traffic block atau Road Barrier

Pelopor pertama kali yang memunculkan ide pembuatan road barrieradalah Evolution in traffic innovation atau yang biasa kita sebut dengan ETI. ETI adalah yang pertama kali menciptakan barang ini guna membantu keamanan pengendara di jalan .Aplikasinya tidak hanya sebatas itu, beberapa proyek yang seringkali dilakukan pada area lalu lintas sering menimbulkan kemacetan jadi perlu adanya produk yang dapat membantu mengalihkan arus lalu lintas dengan optimal. Melihat dari kebutuhan itulah produk traffic block telah berkembang di kebutuhan infrastruktur pembangunan jalan, banyak produk road barrier yang sudah mengalami perkembangan.

Selain terbuat dari material plastik produkroad barrier juga ada yang terbuat dari bahan beton dan fiber tergantung dari kebutuhan yang di inginkan. produk traffic block yang menggunakan bahan dasar plastik paling banyak diminati karena mudah dalam penggunaanya dan mudah dalam perawatannya serta memiliki beban yang ringan dibanding traffic block yang terbuat dari beton yang memiliki beban berat yang tidak mudah untuk dipindah tempatkan apabila sudah tidak digunakan lagi. road barrier yang terbuat dari plastik memiliki bentuk pada umumnya yakni persegi panjang dimana pada bagian bawah berukuran lebih lebar dari bagian atas.

Macam-Macam Traffic Block

Di bawah ini merupakan beberapa macam traffic block yang mungkin dapat membantu anda agar tidak salah dalam memilih traffic block.

Traffic Block Beton

Traffic block beton merupakan salah satu pembatas jalan atau pembatas pada lahan parkir dan jalanan umum yang menggunakan bahan utama cor beton. Trafic block beton ini adalah jenis yang sangat kuat jika dibandingkan dengan jenis yang lain akan tetapi juga memiliki beban yang berat pula.

Traffic Block Fiber

Traffic block fiber atau pembatas jalan fiber ini mempunyai desain yang dibuat dengan model yang sangat futuristik. road barrier ini dapat tahan terhadap cuaca panas, cuaca dingin, warna yang tidak mudah pudar, dan tidak mudah Rapuh.

Traffic Block Plastik

Traffic block plastik ini adalah rambu marka jalan yang terbuat dari bahan plastik, ini dianggap paling efisien untuk menjaga keamanan. Selain itu road barrier memiliki kesan praktis dengan tampilan yang modern dilengkapi scotlight karena bahannyaringan road barrier dapat diisi air ataupun pasìr dan semen sebagai bahan tambahan berat agar traffic block tidak mudah jatuhsaat tertabrak pengguna jalan.

Di Situansan.com kami menyediakan berbagai bentuk dan fungsi sesuai dengan kebutuhan anda seperti Stick cone,Traffic cone alas orange / alas hitam, dan sebagainya.

Fungsi dan Keunggulan

Road barrier berfungsi sebagai pembatas jalan dengan warna oranye yang cerah di desain khusus untuk keamanan penguna jalan dan pekerja, terdapat juga lubang untuk pemberat yang dapat diisi air atau pasir atau semen untuk stabilitas tambahan sehingga kokoh dan tidak mudah jatuh apabila terkena hembusan angin dan terkena kendaraan tidak mudah bergerak atau bergeser.

Road barrier yang tersedia di situansan.com memiliki banyak keunggulan antara lain :

  • Warna oranye yang cerah dan tidak mudah luntur meskipun terkena air atau cuaca panas
  • Bahan yang kokoh sehingga tidak mudah pecah
  • Terdapat scotlight keren sehingga mudah terlihat meskipun dari jarak jauh atau ditempat yang gelap
  • Memiliki beban yang ringan sehingga mudah dalam proses pemindahan
  • Mudah dalam pemasangan

Spesifikasi produk yang kami jual di situansan.com

  • Merk : Tanaga
  • warna : Oranye
  • Material Dinding Luar Dan Dalam Terbuat Dari : Plastic High Density Polyethylene (HDPE)
  • Bisa di isi : Air / pasir / semen ( untuk stabilitas tambahan )
  • Dimensi :

Panjang body (mm) 1000
Panjang total (mm) 1200
Lebar bawah (mm) 480
Lebar atas (mm) 130
Tinggi (mm) 800

Tata cara penggunaan

Kenali dulu panjang dan lebar tempat/jalan yang akan kita pasang sehingga road barrier tidak kelebihan / kekurangan

Buka penutup lubang yang terdapat disamping body kemudian isi dengan air atau pasir atau semen secukupnya untuk stabilitas tambahan sehingga kokoh dan tidak mudah jatuh dan bergerak atau bergeser

Letakkan sejajar antara road barrier satu dengan road barrier lainnya agar terlihat sejajar lurus dan rapi sehingga membentuk barisan barikade

Kait kan pengait yang terdapat di bagian samping antara road barrier satu dengan road barrier lainnya agar tidak mudah lepas

Bagaimana mudah bukan..?
Kalau sudah mengerti apa itu traffic block beserta kegunaannya, sekarang tinggal pesan aja di situansan.com

Belanja keren jaman now ? yuk klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *