Home » Blog » Wire Rope Berkualitas dan Bersertifikat

Wire Rope Berkualitas dan Bersertifikat

  • by
wire rope

Halo Sobat Situansan , hari ini kita akan bahas tentang barang industri dan proyek yang biasa di pakai dalam pekerjaan anda sehari – hari . Kali ini kita akan bahas salah satu jenis alat angkat yang paling digemari oleh pelaku industri yaitu Wire rope.

Ada yang tau apa itu Wire Rope? Sebelum ayo kita pelajari terlebih dahulu pengertian wire rope

Wire rope adalah tali baja yang terbentuk dari banyak wire yang dipilin kemudaian terbentuk Strand, lalu strand tersebut dipilin mengelilingi CORE yang kemudian terbentuklah wire rope.

Sebelum kita bahas lebih jauh , mari kita pelajari dulu sejarah dari wire rope itu ?

Contents show

Sejarah Wire Rope

Sekitar tahun 1831,Seorang penemu bernama Wilhelm Albert telah menemukan cara untuk membuat tali kawat yang modern yang dapat digunakan untuk industri penambangan di Jerman . Wilhelm Albert mencoba untuk menggunakan beberapa kawat dan menyatukannya. Sehingga dari Penemuan tersebut , para insinyur dan industrialis mulai mengembangkan ciptaanya supaya bisa bermanfaat di masa itu dan masa depan.

Tahun 1840, seorang penemu Robert Stirling Newall kembali mengembangkan proses tersebut hingga beliau mendapatkan hak paten.Setalah mendapatkan hak paten tersebut , pada jaman itu semua industri mulai memproduksi tali kawat secara masal bahkan sudah banyak digunakan untuk proyek seperti material dari bangunan.

Nah dari sejarah diatas anda pasti sudah tau awal mulai wire rope diciptakan.

Wire rope sangat bermanfaat untuk manusia sebagai alat bantu untuk mengangkat , menarik serta memindahkan satu obyek barang dari satu tempat ke tempat lain. Secara umum Wire rope juga bisa disebut dengan kawat seling . Jadi anda tidak perlu bingung , keduanya adalah barang yang sama.

wire rope

Kelebihan Wire Rope

Adapun berbagai macam kelebihan dari kawat seling yang perlu anda ketahui supaya menjadi referensi anda sebelum memilih alat angkat yang tepat

Sangat Mampu menahan beban dinamis

Wire rope terbuat dari baja yang kuat sehingga mampu menahan beban yang dinamis

Lebih kuat

Dibandingkan dengan kategori tali lainnya seperti tali manila ataupun tali propelyn , kawat seling merupakan jenis yang paling kuat bahkan lebih baik cara kerjanya dibanding dengan alat angkat generasi pertama yaitu Rantai

Fleksibel

Walaupun kawat seling berasal dari baja , fisik kawat seling masih flexible sehingga bisa ditekuk dan bisa dipindah dengan mudah . Namun anda harus perhatikan konstruksi yang tepat untuk aplikasi pekerjaan anda.

Lebih aman karena saat putus, beban tidak langsung jatuh

Hal ini adalah salah satu keunggulan dari kawat seling , karena diproduksi dengan lilitan banyak strand maka saat putus , alat ini memang lebih aman karena beban yang diangkat tidak akan langsung jatuh . Kerusakan bisa terlihat secara fisik bahwa kawat seling sudah tidak bisa digunakan dan harus segera diganti. Hal ini mencegah terjadi nya kecelakaan kerja yang sangat membantu kelancaran proses pekerjaan anda.

Mudah dalam penanganan dan penyimpanan

Karena sifatnya yang flexible maka dalam penyimpanan dan penangan kawat seling termsuk sangat mudah di pindah atau di rawat sehingga sangat cocok untuk industri dan proyek anda.

Kekurangan Wire Rope

Walaupun wire mempunya banyak keblebihan , namun ada beberapa kekurangan yang juga harus diperhatikan sebagai berikut :

Kerusakan bagian dalam tidak terlihat

Saat mengalami kerusakan di dalam wire , anda tidak bisa melihat karena terdapat banyak strand didalam yang tertutup strand luar. Akibatnya anda telat mendapatkan sinyal untuk mengganti wire dengan yang baru.

Laju tingkat korosi lebih tinggi


Karena terbuat dari bahan baja , maka tidak bisa dipungkiri korosi adalah hal yang sangat wajar . Didukung dengan penggunaan kawat seling lebih banyak pada lokasi outdoor yang bisa secara langsung terkena angin , panas matahari serta hujan maka pasti akan cepat mengalami korosi . Dan dari hal tersebut munculah kawat seling dengan jenis Galvanis . kawat seling jenis ini membantu dalam memperlambat proses korosi .

Merusak produk jika terjadi gesekan


Merusak bidang yang diangkat itu adalah suatu hal yang pasti dialami pada penggunaan kawat seling . Karena sekali lagi terbuat dari baja yang keras dan pasti kasar , maka gesekan pada obyek adalah hal yang pasti terjadi , solusinya pun sudah bisa sedikit dikurangi dengan adanya banyak jenis aksesoris kawat seling seperti thimble , hook , shackle atau yang lainnya.

wire rope


Selain kelebihan dan kekurangan kawat seling , masih banyak yang perlu anda ketahui .Yuk kita juga harus tau apa saja Perbedaan sifat pada kawat seling.

Jenis Wire Rope

Jadi ada dua jenis yaitu kawat seling lentur atau disebut kawat seling flexible dan juga yang kawat seling yang lebih keras dan kaku. Masing-masing mempunyai karakter dan fungsi yang berbeda.

Wire rope yang Lentur atau Flexible


Dalam hal ini yang dimaksud dengan lentur atau flexible adalah saat penggunaan wire tersebut bersifat lentur , nah yuk kita pelajari apa saja kelebihan jenis ini

Memiliki nilai yang tidak terlalu besar

Nilai disini dimaksudkan dengan angka kostruksi atau jumlah strand dari kawat seling tidak terlalu besar .

Tidak cocok untuk aplikasi angkat dengan beban yang sangat berat


Tidak terlalu berat karena jumlah strand nya sedikit jadi tidak bisa dimaksimalkan untuk beban angkat yang besar.

Dapat Menahan Hentakan


Kawat seling jenis ini lentur dan sangat mudah di tekuk sesuai arah tekukan , dengan kelenturnnya maka dalam keadaan hentak pun jenis ini akan tetap dalam posisinya tidak terlalu terpengaruh dengan efek hentakan dari luar.

Contoh Konstruksi seling lentur adalah 6 x 36


Jadi nilai yang disebutkan diatas adalah bagian belakang dari jenis konstruksi nya yaitu lebih besar yaitu 6×36 yang punya arti nilai besar.

Jenis ini lebih kuat jika digunakan untuk pemakaian alat lifting yang menggunakan alat seperti crane, karena memang adanya perputaran yang membuat fisik kawat seling ini tertekuk terus menerus. 

wire rope

Wire rope yang Lebih Kaku


Jenis ini lebih kaku dan keras dibanding jenis sebelumnya , penggunaan dan perlakuannya pun juga harus berbeda supaya bisa digunakan dengan maksimal dan tepat.

Memiliki breaking load yang beragam


Nilai breaking load bisa didapatkan dengan uji tarik setelah kawat seling diproduksi. Dan jenis yang lebih kaku ini mempunya berbagai ukuran mulai 6 mm – 72 mm dan semua beragam nilai breaking loadnya.

Cocok untuk aplikasi berat dan tanpa tekukan


Karena nilai breaking load dari jenis ini beragam maka sangat dianjurkan untuk digunakan di berbagai aplikasi angkat yang berkapasitas berat , namun untuk aplikasi ini tidak bisa dipadukan pada penggunaan yang rotasi perputaran nya sering atau jangan banyak tekukan

Tahan terhadap Hentakan

Karena terlalu kaku jenis ini kuat apabila dihadapkan pada keadaan hentakan , namun jika pada masa tekukan kawat seling ini akan mudah rusak dan cepat putus.

Nilai Konstruksi dibagian belakang relatif lebih kecil

Jenis ini berbanding terbalik dengan yang flexible , karena nilai konstruksinya lebih kecil diakhir susunan konstruksi

Contoh Konstruksi dengan nilai belakang lebih kecil 

Salah satu contoh konstruksinya 19×7 sering disebut dengan non rotating yang artinya kawat seling tidak bisa berputar atau terpelintir karena sifatnya yang lebih keras dan kaku.

Cocok untuk untuk aplikasi lifting lurus atau straight lift

Contoh yang paling umum jenis ini bisa diaplikasikan untuk bidang konstruksi, alat angkat atau lifting pada kontainer, bidang pelayaran serta perkapalan dan lain-lain.

Setelah menerima banyak informasi tentang kawat seling , anda masih harus mengetahui berbagai istilah lain yang biasa digunakan dalam dunia kawat seling .

wire rope

Istilah Penting Dalam Dunia Wire Rope

Mungkin tidak banyak paham secara keseluruhan tentang kawat seling , yuk jadikan anda orang pertama yang lebih mengenali dunia kawat seling dengan perhatikan istilah penting dalam kawat seling sebelum anda membeli.

Konstruksi atau Tata letak wire

Konstruksi disini dimaksudkan adalah jumlah strand yang ada pada kawat seling atau bisa juga disebut jumlah pilinan dari wire tersebut

Core atau Inti bagian dalam

Inti Wire atau core terbagi dari berbagai berbagai jenis yaitu Inti baja atau lebih dikenal degan sebutan IWRC . Jenis lainnya disebut jenis yang lebih lentur karena intinya plastik atau tali disebut dengan core HC dan FC .

Lay atau Pilinan arah putaran

Kawat seling dibagi menjadi dua jenis pilinan atau putaran yaitu putar Kanan (Z) dan putar Kiri (S) , perbedaan jenis putaran ini mewakili penggunaan wire pada alat angkat yang berbeda beda. Contohnya untuk putar kanan(Z) bisa digunakan untuk bidang lifting seperti crane bahkan juga bisa digunakan untuk bidang perkapalan . Sedangkan pilinan putar kiri (Z) biasanya di gunakan untuk alat angkut dipelabuhan seperti pengangkutan kontainer pada peti kemas dan juga bisa digunakan untuk pengangkutan batu bara di PLTU.

kawat seling

Diameter atau Ukuran

Ukuran wire bermacam – macam dari ukuran 1 mm hingga 72 mm dan semua ukuran tersebut digunakan untuk bidang yang berbeda sesuai kebutuhan

Grade atau Tingkat kekuatan 

Ada berbagai jenis grade wire rope dari mulai di ciptakan secara modern mulai dari Grade 1770 , 1960 dan 2160. Berbagai jenis grade tersebut menandakan kualitas wire rope. Semakin tinggi Grade nya menandakan Semakin kuat nya wire rope. Namun jangan lupa konsultasikan dengan user karena tidak semua alat mampu menggunakan wire rope dengan kualitas tinggi.

Coating atau Lapisan permukaan

Coating disebut juga lapisan yang melapisi sebuat barang yang berguna sebagai penanda jenis material barang. Ada dua jenis wire rope yaitu Ungalvanis dan Galvanis

Ungalvanis

Unglavanis berarti lapisan baja dari kawat selig asli dari baja atau biasa disebut dengan warna hitam atau abu-abu , jenis kawat seling ini adalah wire rope yang paling umum dan sering digunakan oleh pekerja industri dan proyek. Kenapa paling umum? Karena dari perbedaan harga , jenis ungalvanis lebih murah dibanding galvanis.

kawat seling

Galvanis

Kenapa disebut Galvanis karena kawat seling jenis ini perlu dilakukan proses tambahan yaitu pelapisan permukaan wire rope dengan bahan zinc yang membuat wire rope menjadi berwarna silver atau biasa disebut putih. Keunggulan kawat seling jenis ini adalah ketahananya terhadap korosi lebih baik dan lebih tahan karat dibanding ungalvanis, namun selalu ada harga yang harus dibayar yaitu harga dari kawat seling galvanis selalu lebih mahal dari Ungalvanis. Inilah yang terkadang menjadi pertimbangan setiap perusahaan untuk memilih wire yang bukan hanya tepat dan berkualitas namun juga disesuaikan dengan budget perusahaan.

wire rope

Grease atau Pelumasan

Pelumas dalam dunia wire rope adalah hal yang paling wajib di berikan saat perawatan nya , selain harus dilakukan pengecekan secara berkala pelumasan juga harus memperhatikan keadaan sesungguhnya dari wire. Walaupun belum memasuki masa perawatan , sebaiknya user selalu aktif mengecek secara manual fisik wire . Apabila memang perlu di grease harus segera dilakukan supaya life time atau umur pakai wire rope bisa lebih lama.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam Pemilihan Wire Rope

  • Selection :  Pemilihan
  • Handling : Penanganan
  • Storage : Penyimpanan
  • Installation : Pemasangan
  • Winding : Penggulungan
  • Maintenance : Pemeliharaan
  • Safety : Keselamatan
  • Replacement : Penggantian

Aplikasi

Kita akan bagikan Beberapa contoh bidang yang biasanya menggunakan wire rope sebagai berikut :

kawat seling
kawat seling

Cara agar Wire Rope Tahan Lama

Setelah sobat sudah yakin dan bisa memilih wire rope yang tepat , sekarang kita akan bahas tentang bagaimana cara nya agar kawat seling memiliki life time atau umur pakai yang bisa tahan lama

  1. Pemasangan sesuai dengan petunjuk alat
  2. Jalankan alat tanpa beban untuk awal penggunaan
  3. Berikan beban secara terstruktur hingga 20% Mbl

Pengoperasian Dengan Benar

Selain merawat wire yang sudah tepat dipilih , cara menggunakan alat ini pun juga harus diperhatikan , berikut aspek yang harus diperhatikan

  1. Berat beban sesuai dengan persyaratan alat
  2. Beban terikat dengan kuat
  3. Tidak melepas beban dengan tiba – tiba
  4. Pilih User yang berpengalaman dan terlatih

Pemeliharaan Berkala

Karena wire termasuk alat angkat yang vital maka sebaiknya Setelah memperhatikan pengoperasian wire rope , maka kita akan bahas cara merawat wire rope itu yaitu

  1. Pemeriksaan bagian yang putus
  2. Pelumasan kembali minimal 1 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan
  3. Pemeriksaan sistem atau alat yang digunakan

Nah itulah penjelasan pengertian serta sejarah dari wire rope dan perbedaan karakteristik dan cara pemeliharaan dari kawat seling.

Untuk pemilihan yang aman kembali lagi pada kebutuhan lapangan dari sobat ya , Jika anda membutuhkan wire rope asli dan bersertifikat pastikan membeli dari distributor wire rope terbaik

Macam- macam Brand Wire Rope Berkualitas

Dunia wire rope pasti sangat tidak asing lagi dengan macam-macam brand dari wire rope yang sering digunakan , setiap industri ataupun perusahaan mempunyai kecocokan tersendiri dari setiap brand . Brand Wire rope mempunyai range harga yang bermacam-macam dan tentu menentukan kualitas dari wire rope itu sendiri. Yuk pelajari masing-masing brand tersebut sebagai berikut :

Brand Kiswire

Kiswire merupakan salah satu merk yang sudah punya nama besar di industri wire rope yang berasal dari sebuah negara di Asia yaitu Korea Selatan. Perusahaan ini didirkan dari tahun 1945, sehingga produk dari brand ini juga tidak diragukan lagi kualitasnya. Nilai breaking load dari kiswire relatif akan lebih besar dibandingkan dengan brand serupa yang lainnya sehingga user akan mempertimbangkan apabila saat akan melakukan sebuah pengadaan wire rope. Karena nilai breaking loadnya tinggi maka life time untuk penggunaan kiswire lebih tahan lama dibanding dengan merk lain. Harga untuk brand kiswire bisa dikategorikan sebagai kalangan tengah jadi tidak terlalu tinggi . Wire rope Kiswire pun mempunyai sertifikat sebagai pendukung resmi produk yang di produksinya. Berikut kami lampirkan contoh sertifikat Kiswire sebagai berikut

Brand DSR

DSR merupakan salah satu brand yang diciptakan oleh negara Korea Selatan juga , hampir sama dengan merk sebelumnya DSR berdiri sejak tahun 1940. Untuk kualitas wire rope DSR cukup bagus dan bisa dijadikan aternatif apabila budget dari perusahaan anda tidak terlalu tinggi. Karena memiliki harga yang lebih rendah , DSR juga banyak direkomendasikan oleh banyak perusahaan di berbagai bidang seperti perkapalan , perkebunan dan industri crane. Walaupun harganya lebih rendah , DSR juga dilengkapi dengan sertifikat yang memadai dan bisa dijadikan surat pendukung dalam pengadaan anda. Berikut adalah contoh Sertifikat DSR sebagai berikut :

Brand BSWR

Untuk selanjutnya kita akan bahas tentang Brand BSWR , untuk BSWR mungkin anda kurang familiar dengan brand ini. Brand ini berasal dari Negara Filipina . Untuk kualitsnya pun masih setara dengan brand sebelumnya yaitu DSR. Brand ini merupakan juga salah satu alternatif jika produksi dari Korea Selatan sulit untuk masuk ke Indonesia. Masih sama dengan kedua brand diatas , BSWR juga didukung dengan sertifikat yang legkap . Berikut contoh sertifikat BSWR sebagai berikut :

Cara Memotong Wire Rope

Dari penjelasan sebelumnya kita sudah memahami brand dari wire rope , saatnya anda mengetahui bagaiamana cara memotong wire rope dengan baik dan benar. Tentu saja cara memotong yang salah akan mengakibatkan berbagai macam resiko terhadap lilitan wire dan juga bisa berdampat pada penggunaan yang tidak dapat bertahan lama. Kenapa banyak sekali industri yang memilih kawat seling sebagai salah satu jenis alat angkat yang digunakan ? Karena memang wire rope merupakan sebuah alat angkat yang memiliki banyak sekali keunggulan. Kekuatan wire rope yang bervariasi , memiliki minim sekali resiko kecelakaan secara langsung juga menjadi salah satu penyebab salah satu jenis lifting ini menjadi idaman bagi pekerja industri.

Oleh karena itu karena fungsi dan resikonya yang cukup besar sagat diwajibkan untuk belajar bagaimana cara memasang wire rope yang tepat, yuk kita simak penjelasan detailnya dibawah ini :

Memotong Wire Rope Dengan Tepat

Untuk memotong memang terlihat sebagai aktifitas yang mudah , namun anda juga perlu memperhatikan berbagai aspek yang menjadi faktor keberhasilan dari wire yang anda potong. Yuk mulai baca disini :

Alat Yang Tepat

Untuk awal mula sebelum memotong wire anda diwajibkan menyiapkan alat potong yang tentu saja sesuai dan dapat memotong wire rope. Alat pemotong tersebut haruslah tajam dan kuat karena yang dipotong adalah baja besi yang sangat keras , apalagi bahan kawat seling bukan hanya baja besi biasa namun sudah dililit hingga kuat sehingga dapat mempunyai kekuatan yang lebih pula saat penggunaan.

Sebagai rekomendasi untuk memotong wire rope anda bisa menggunakan beberapa jenis alat seperti cold chisel ataupun diagonal cutting , alat tersebut merupakan alat yang paling umum bisa anda temukan di berbagai toko perkakas online maupun offline. Namun untuk industri besar biasanya banyak pekerja yang biasa menggunakan mesin cutting untuk memotong besi.

Semakin besar ukuran kawat seling maka anda juga harus memastikan alat yang anda gunakan bisa digunakan untuk memotong, untuk memotong ukuran besar maka diperlukan mesin potong besi yang juga membutuhkan daya listrik yang cukup . Maka sebelum memotong pastikan alat anda lengkap.

Persiapan Memotong

Setelah memastikan alat yang akan digunakan untuk memotong telah siap , anda juga perlu memperhatikan lokasi pemotongan wire rope. Karena kawat seling memiliki panjang yang bermacam pastikan lokasi pemotongan merupakan area yang luas. Selain area yang luas, pencahayaan saat melakukan proses potong juga sangat perlu untuk di cek karena saat memotong harus presisi dan sesuai kebutuhan. Selain ukuran panjang ,cahaya juga merupakan salah satu faktor keselamatan bagi pekerja yang melakukan proses potong, nah bicara tentang faktor keselamatan untuk persiapan ini memang sangat dibutuhkan perlindungan diri terhadap user yang melakukan proses pemotongan. Sarung tangan merupakan salah satu aksesoris safety yang sangat penting, selain melindungi tangan dari alat potong jenis sarung tangan yang tepat juga dapat membantu menyerap keringat pemotong wire. Hal tersbut bisa membantu proses potong menjadi lancar dan tidak terkendala.

Pengecekan Ulang Pengukuran

Setelah semua proses persiapan area , keselamatan kerja dan juga alat sudah dipenuhi dengan baik maka saatnya anda melakukan pemotongan wire rope. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa wire rope merupakan produk yang memiliki panjang yang berbeda-beda, roll utuh wire pun juga beragam sesuai dengan ukurannya. Semakin kecil ukuran wire maka panjang roll nya pun semakin besar, nah karena tidak semua user langsung menggunakannya secara utuh maka untuk memenuhi kebutuhan bagian pekerjaanya sangat bisa seorang user melakukan pemotongan secara manual di site. Untuk wire rope yang akan dipotongkan pastikan melakukan pengukuran berapa meter panjang yang akan digunakan, baiknya melakukan double check atau pengecekan ulang pada panjang tersebut agar menghindari kesalahan potong. Kesalahan potong adalah hal yang vital , karena wire bisa saja tidak dapat digunakan karena panjang yang dibutuhkan tidak sesuai. Maka wire bisa saja tidak terpakai dan bahkan bisa terbuang dengan percuma. Untuk menandai proses pengukuran anda bisa menggunakan spidol atau kapur yang terlihat dengan jelas, jika samar hasil pendan ukur nya, sebaiknya anda melakukan pengukuran ulang sebelum memotong.

Lakukan Pemotongan dengan Tepat

Setelah mengukur wire pastikan anda siap untuk memotong dengan benar , saat akan memotong letakkan ujung wire yang akan dipotong pada posisi yang pas dan stabil. Saat proses potong menggunakan alat tentu saja anda harus memastikan alat bekerja dengan stabil dan tepat. Anda harus mempertahankan konsitensi pada kecepatan alat saat memotong agar hasil potongan dari wire rope bisa sempurna.

Distributor Wire Rope

Untuk pembelian kawat seling pastikan anda mendapatkannya dari distributor yang sudah berpengalaman dibidangnya . Berikut adalah daftar distributor wire rope yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dan pasti bisa dijadikan rekomendasi anda sebagai berikut

Jual Wire Rope Di Surabaya

PT. SITU PESAN SINI ANTAR

Komplek Pergudangan ANGTROPOLIS 46 Jl. Margomulyo 46 Blok B-10Asemrowo, Kota SBY, Jawa Timur 60182
Contact Person Chandra 0811-3870-3700

PT. BENTANG PERSADA INTERNUSA SURABAYA

Alamat : Jl. Margomulyo No.46, Greges, Asemrowo, Surabaya City, 60183
Contact Person Chintia 0811-3526-178

TOKO RANTECH MARGOMULYO

Alamat : Komplek Pergudangan Angtropolis 46 Blok B-14 , kecamatan Asem Rowo , Surabaya , Jawa Timur 60182
Contact Person Suci 0813-3307-9188

TOKO RANTECH KALIANAK

Alamat :Jl.Greges Timut No.73 , Asem Rowo Kota Surabaya , Jawa Timur 60183
Contact Person Nur 0812-5945-6060

Jual Wire Rope Di Jakarta

CV. GIAN EFATA MARINE

Alamat :Jln.Raya Cakung Cilincing KM 2, Komplesk Green Sedayu Bizpark Cakung, Blok GS-8A no 21 jakarta, RT.11/RW.6 Cakung, Kota Jakarta Timur, Jakarta 13910
Contact Person Adam 0812-3378-0900

Jual Wire Rope Di Bekasi

PT. BENTANG PERSADA INTERNUSA CABANG BEKASI

Alamat : Jln.Sultan Hasanuddin 263-265 , Ruko Tambun City Blok RF 17 Tambun Selatan , Bekasi, Jawa Barat 17510
Contact Person Winda 0811-3001-051

Jual Wire Rope Di Gresik

TOKO RANTECH GRESIK

Alamat : Jl.Roomo No.242 ,Roomo , Kecamatan Manyar ,Gresik , Jawa Timur 61151
Contact Person Lilis 0811-3330-420

Dari berbagai macam penjelasan artikel diatas ,pasti anda sudah tau apa yang harus dilakukan dalam memilih wire rope hingga cara merawatnya. Untuk mendapatkan harga terbaik wire rope anda bisa langsung klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *