Home » Blog » Thimble Cara Memasang dan Jenis Bahannya

Thimble Cara Memasang dan Jenis Bahannya

  • by
THIMBLE

Halo Sobat Situansan kali ini kita akan membahas tentang salah satu aksesoris pendukung rigging yang juga sangat bermanfaat bagi kelancaran proses lifting. Dalam dunia lifting thimble merupakan salah satu aspek yang sangat sering digunakan dengan kombinasi alat lifting lainnya seperti Wire rope. Di dalam pembahasan artikel sebelumnya kita sudah mengulas lengkap dan jelas tentang serba serbi dari wire rope , nah saatnya thimble kita akan bahas dengan detail dan jelas. Thimble seperti yang sudah dijelaskan adalah aksesoris dari wire rope yang berbentuk menyerupai huruf U, fungsinya adalah untuk melindungi wire rope saat proses pengangkatan agar kualitas dari wire rope bisa lebih baik dan mempunyai life tim atau waktu pakai yang lebih lama dibandingkan dengan tanpa menggunakan thimble. Secara garis besar alat ini berguna untuk meminimalisir terjadinya gesekan , terjepit atau terkikisnya sebuah wire rope saat di aplikasikan. Thimbles Sering juga disebut sebagai Kaos Seling

Cara Menggunakan Thimble

Setelah mengetahui tentang garis besar dari fungsinya , tentu saja anda ingin mengetahui standart pemakaian thimble secara benar. Iyapp , menggunakan thimble tidak dapat dilakukan oleh individu biasa harus dilakukan oleh ahli pada bidangnya. Terlebih pada kemajuan jaman sekarang , memasangkan thimble pada mata wire rope sudah sangat didominasi menggunakan mesin canggih. Fungsi mesin tersebut adalah untuk memastikan kekuatan thimble yang menempel pada wire rope dengan sempurna. Proses meletakkan Kaos Seling pun harus presisi tidak boleh terlalu kecil ataupun longgar , oleh karena itu untuk membuat sebuah talurit wire rope dibutuhkan keahlian yang khusus. Proses pemasangan thimble yang tidak pas dapat menyebabkan kesalahan dari proses penggunaan yang dapat berakibat fatal yaitu bisa saja terjadi kecelakaan kerja yang tentu saja dapat membahayakan pekerja yang menggunakannya maupun pekerja disekelilingnya.

Jenis Thimble

Dalam dunia lifting tentu saja pemanfaatan dari aksesoris ini beraneka ragam , biasa digunakan untuk industri di dalam ruangan bahkan sangat juga sering digunakan pada industri yang berada di luar ruangan. Berbagai Jenis variasi pembuatan mata pada wire rope juga menentukan Kaos Seling apa yang cocok digunakan untuk industri anda , bukan hanya fungsi mengurangi gesekan lagi pada saat penggunaan namun kembali pada life time dari aksesoris itu sendiri, banyak faktor yang dapat mempengaruhi anda dalam memilih Kaos Seling yang pas dan tepat untuk anda.

Selain karena life time anda juga harus membedakan fungsi Kaos Seling berdasarkan beban yang akan ditanggung oleh aksesoris ini. Jenis thimble juga dapat kita pilah berdasarkan jenis muatan anda , Sebelum anda membeli pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai yaa. Yuk mulai kita detailkan satu persatu 🙂

Kaos Seling Berdasarkan Beban

Untuk jenis thimble yang berdasarkan pada jenis muatan terbagi menjadi 2 jenis , untuk kedua jenis tersebut mempunyai manfaat yang berbeda

Thimble Biasa

Untuk thimbel jenis biasa anda dapat gunakan untuk mengangkat beban yang tidak terlalu besar , estimasi pengangkatan besar memang ambigu namun anda bisa menyetarakannya dengan resiko kerja yang ada. Jika memang barang yang diangkat tidak terlalu bahaya anda bisa menggunakan thimble jenis ini.

THIMBLE

Thimble HD

Nah untuk jenis yang lain biasa disebut dengan jenis Kaos Seling HD atau Heavy Duty , tentu saja dari namanya anda sudah jelas bahwa pengaplikasian yang mengandung beban yang berat dan berbahaya tentu saja anda harus memilih Kaos Seling jenis ini. Karena kualitasnya yang sangat baik maka harga untuk jenis thimble inipun jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan yang biasa. Pemanfaatan untuk jenis ini bisa digunakan untuk angkat beban berat pada industri kayu , perkapalan , pabrikasi atau bidang lainnya.

THIMBLE

Thimble Berdasarkan Kualitas Masa Pakai

Untuk menjelaskan tentang masa pakai kita bisa melihat dari bahan pembuat dari Kaos Seling itu sendiri. Untuk Kaos Seling sebagian besar memang diproduksi dengan bahan besi yang telah digalvanis. Hal tersebut pasti sudah di rencanakan dengan matang oleh ahli bahkan pengembang dari produk tersebut. Namun seiring berkembangnya jaman yang memaksa pemenuhan kebutuhan industri dari berbagai sektor maka munculah satu jenis lain yaitu stainless. Apa sih bedanya yuk baca disini.

Jenis Galvanis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahan dari Kaos Seling tersebut adalah galvanis , untuk jenis galvanis ini memerlukan perawatan yang extra. Walaupun sudah di galvanis namun kualitas galvanis thimble itu tidak dalam hanya lapisan luar saja dan tentu saja masih sangat berpotensi untuk terjadi karat. Untuk penggunaan bidang industri yang dekat dengan air laut ataupun area basah sebaiknya anda memikirkan kembali menggunakan jenis ini. Selain mudah korosi , anda juga akan kehilangan waktu untuk mengganti thimble lebih sering.

Jenis Stainless

Solusi untuk anda yang sangat praktis anda dapat memilih Kaos Seling jenis ini dalam industri anda. Dalam dunia industri penggunaan alat yang kuat dan tahan lama adalah idaman bagi setiap pengusaha , dengan demikian kegiatan usaha dan prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya pun akan sesuai dengan yang diharapkan. Tentu saja jika anda menginginkan manfaat lebih dari jenis Kaos Seling ini anda juga harus membayar harga yang lebih mahal. Kaos Seling stainless sama halnya bentuk serta fungsinya dengan Kaos Seling galvanis namun kekuatannya terhadap karat sangatlah tinggi. Sehingga aksesoris dan wire rope anda pun bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Informasi Seputar Thimble Sudah kami informasikan , jika anda membutuhkan perlengkapan lifting dan aksesorisnya tim marketin kami akan membantu anda, yuk jangan ragu langsung saja klik langsung disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *