Home » Blog » Terpal Fungsi dan Jenis Bahan Terbaik

Terpal Fungsi dan Jenis Bahan Terbaik

  • by
Terpal

Halo sobat Situansan , untuk kali ini kami ingin membahas tentang produk yang sangat umum dan pasti sobat pun menggunakannya untuk keseharian bahkan untuk mendukung kinerja perusahaan sobat jika terutama pekerjaan untuk bidang industri ataupun proyek. Yuk kita mulai , kita akan membahas tentang Terpal. Sudah pasti tau kan apa itu terpal? Terpal merupakan sebuah plastik penutup yang biasa digunakan untuk tenda ataupun alas dari sebuah tempat , fungsi utamanya adalah untuk membantu memberikan keteduhan bagi orang yang menggunakannya , terpal juga sering digunakan untuk proses konstrusi sebagai pendukung pekerjaan proyek dan saat ini terpal juga dapat digunakan untuk membuat kolam ikan. Wah ternyata banyak juga ya manfaat terpal ini , untuk selanjutnya yuk kita bahas berbagai jenis terpal menurut jenis bahan pembuatnya. Terpal juga bisa disebut Terpaulin

Jenis Terpal

Terpal mempunyai banyak fungsi untuk kehidupan dan kebutuhan sehari hari anda , namun tak banyak yang mengetahui bahwa Terpaulin sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan bahan dasarnya. Tekstur pada terpal adalah salah satu jenis pembedanya, ayo kita pelajari dengan lengkap

Terpal Kolam

Jenis terpal berdasarkan fungsi nya seperti untuk budidaya ikan ini biasanya dapat di modifikasi atau di custome sesuai dengan ukuran dan bentuk dari kolam itu sendiri. Untuk kolam ikan biasanya menggunakan berbagai jenis model umum seperti D1,D2 ,D3,D4,D5 hingga T1. Karena mempunyai jenis dan banyak jenis , harga dari terpaulin inipun beragam. Untuk harga dari terpal kolam ikan mempunyai harga yang lebih murah dibanding jenis lainnya. Bahan dari pembuatan terpal kolam ini berasal dari impor bahan dari luar negeri seperti korea. Salah satu merk yang biasa digunakan adalah merk Orchad. Selain untuk alas kolam , terpal ikan bisa juga dimanfaatkan sebagai cover atau penutup lahan perikanan yang sedang dilakukan pembudidayaan.

Terpal

Terpal Truck

Kalau untuk jenis terpal yang satu ini jelas anda sudah bisa membayangkan nya , selain sangat mudah ditemui di sepanjang jalan perjalanan anda menuju dan ke tempat kerja untuk jenis terpal ini bisa dikategorikan sebagai terpal jenis yang paling umum dan bisa digunakan untuk keseharian anda. Tentu saja walaupun untuk jenis kendaraan truk , jenis inipun mempunyai berbagai jenis ukuran yang juga bisa dicustome disesuaikan dengan kebutuhan anda. Setiap kendaraan truck juga mempunyai kebutuhan masing-masing disesuaikan dengan muatan yang sering dibawa. Contoh jika muatan barang berat kebutuhan dari terpaulin tidak telalu banyak hanya cukup untuk menutup lapisan atas dari barang supaya tidak terkena hujan. Sebaliknya untuk barang yang ringan namun bervolume pasti membutuhkan lebih banyak terpal bisa dikatakan lebih lebar di kedua sisi kanan dan kirinya.

Memang dikenal dengan nama truck namun bukan berarti terpaulin jenis ini tidak bisa digunakan untuk kendaraan lain, untuk kendaraan pick up ataupun mobil lain juga dapat memanfaatkan fungsinya untuk melindungi muatan anda.

Nah untuk jenis terpaulin truck memang didesain dengan berbagai jenis warna seperti orange , biru , silver dll. Biasanya jenis warna juga bisa disebut dengan kanvas super 8 , kanvas bima , super 4 dan lain sebagainya.

Terpal Tenda

Untuk jenis atap tenda memang lebih diproduksi dengan detail dan lengkap , selain fungsinya menutup benda terpaulin jenis ini biasa digunakan untuk kehidupan sehari-hari kita sehingga harus lebih tebal dan tidak tembus sinar matahari . Bahan dari jenis terpaulin ini mempunyai berbagai lapisan , lapisan luar , tengah dan juga paling dalam. Untuk jenis terpaulin tenda ada beragam jenis bahan material yang bisa digunakan , seperti material import dari luar negeri ataupun bahan lokal. Kedua jenis bahan tersebut secara gambar atau kasat mata memang terlihat sama dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk membedakanya memang harus diuji dengan sentuhan secara langsung, keduanya memiliki fisik berbeda.

Terpal

Jenis Bahan Terpaulin

Keterangan diatas sudah menjelaskan apa saja fungsi dari terpaulin dan bagaimana fungsi terpaulin bisa digunakan untuk berbagai bidang pekerjaan atau pun untuk kehidupan sehari-hari . Bahan dasar dari terpal merupakan bahan yang disebut dengan Bahan CP , apa itu bahan CP? Bahan CP merupakan bahan yang merupakan bentuk kombinasi antara bahan plastik terpaulin dan juga karet tebal yang membentuk kelenturan ataupun elastisitas pada terpal dan juga kombinasi keduanya menyebabakan kualitas dari terpal kuat terhadap air. Berikut ini beberapa jenis bahan yang perlu kita ketahui sebagai berikut :

Jenis Terpaulin Sakura

Cover untuk jenis sakura ini mempunyai jenis bahan yang lumayan tebal dan lebih kuat. Karenanya dapat digunakan untuk proses proyek ataupun industri. Untuk membuat terpal jenis ini diperlukan alat press dengan kekuatan tinggi gunanaya adalah untuk menguatkan bagian-bagian penyambung dari terpaulin supaya tetap kuat , tidak mudah sobek ataupun tembus pada air.

Mesin tersebut juga bisa membuat sambungan banyak terpaulin hingga ukuran 4meter x 50 meter. Dengan kemampuannya yang cukup oke maka penggunaan mesin ini sangat membantu pemenuhan kebutuhan indutstri anda pada cover industri , alat transportasi ataupun yang lainnya

Untuk mengunakan mesin penyambung ini harus dilakukan benar benar oleh tim ahli , karena panas mesin saat melakukan proses tersebut adalah 350 derajat. Pastikan anda selalu aman dalam melakukan pekerjaan anda.

Terpaulin Sample

Untuk jenis ini biasa digunakan untuk contoh dari terpaulin itu sendiri, contoh ini terbuat darikombinasi bebagai jenis serat nylon. Manfaatnya adalah untuk memberikan kesan awet pada barang tersebut. Dengan diberikannya barang ini , terpaulin akan menjadi cerah , warna tidak mudah pudar , tahan terhadap air , anti jamur atau pembusukan yang terjadi jika terpaulin sering terkena hujan, bahkan dilengkapi juga dengan bahan anti UV. Terpaulin sama dengan bahan jenis lainnya yang juga mempunyai berbagai jenis ketebalan. Sama untuk manfaat jenis ini bisa digunakan untuk berbagai bidang.

Jenis Sunbrella

Terpal memang jenis cover yang paling umum ditemui , namun ada beberapa bidang yang membutuhkan kualitas terpaulin yang unik dan juga tidak mudah ditemui. Seperti salah satunya jenis ini , jenis sunbrella biasanya digunakan untuk lapisan canopy bahkan payung. Kelebihan jenis ini adalah karena dalam jenis coraknya terdapat banyak pilihan warna dan karakter. Fungsinya yang cukup umum ini juga bisa digunakan untuk cover tenda cafe ataupun yang lainnya. Warna dan corak yang beragam tentu saja membuat harga jual terpaulin jenis ini lumayan mahal , untuk user pemakaian dari jenis ini bisa dibilang lebih cocok untuk pengguna bisnis , bisa untuk canopy cafe , cover cafe berkelas dan juga yang lain sebagainya

Terpal Kanvas

Jenis kanvas merupakan jenis yang paling tebal , warna dari bahan kanvas didominasi dengan warna abu kecoklatan. Perbedaan jenis kanvas dan sebelumnya adalah jenis ini tahan terhadap panas yang tinggi. Contohnya jenis terpaulin ini bisa digunakan untuk tas motor , tas untuk mengangkut muatan para pengantar paket seperti pos dan lain sebagainya. Selain untuk tahan panas, jenis kanvas juga terkenal tahan lama dan awet , bahkan beberapa user menggunakannya untuk membuat cover pada kontainer , truck , pickup ataupun transportasi jenis lainnya.

Informasi tentang terpal sudah dijelaskan pada artikel diatas , kami juga menyediakan berbagai jenis tools seperti gergaji , meteran , kunci L dan sebagainya. Jika anda yang membutuhkan terpal bisa langsung menghubungi tim marketing. Yuk langsung saja klik saja link disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *