Home » Blog » Safety Line Fungsi Berdasarkan Lokasi Pemasangan

Safety Line Fungsi Berdasarkan Lokasi Pemasangan

  • by
safety line

Dalam dunia industri tak jarang kita temui tempat atau lokasi yang sangat berbahaya sehingga tidak semua orang dapat masuk kelokasi tersebut tanpa ijin ataupun keperluan yang mendesak sesuai aturan yang berlaku dilokasi tersebut.

Maka banyak kita jumpai untuk memberikan penanda pada suatu lokasi yang sedang atau akan dibangun dengan resiko kerja tinggi dapat dipasangi penanda yang biasa disebut dengan Safety Line. Apa itu Safety Line? Mungkin secara normal penyebutan dari tali pengaman ini banyak jenisnya seperti police line ,barricade ataupun garis pengaman. Nah untuk membedakan apa saja jenis serta fungsi dari safety line yuk kita pelajari lebih dalam disini.

Pengertian Safety Line

Safety line adalah garis penanda yang digunakan untuk memberikan batas ruang gerak untuk orang umum dan tidak berkepentingan untuk tetap berada diluar garis pengaman tersebut. Untuk peggunaan safety line banyak sekali kita jumpai bisa pada lokasi pembangunan konstruksi , pembersihan area lokasi , penggunaan area khusus berbahaya ataupun bisa digunakan jika terjadinya kecelakaan kerja yang berfungsi untuk membersihkan area dari pihak yang tidak berkepentinggan. Setelah kita paham benar apa itu safety line , maka kita perlu tau juga ada berapa jenis safety line yang ada di pasaran , sehingga anda tidak salah beli sebelum menggunakannya.

Jenis Safety Line

Jenis safety line bergantung pada fungsi dan bahanya , secara umum bentuk fisiknya tak beda jauh seperti gulungan plastik , kain ataupun bahan lainnya yang bertujuan untuk memberikan batas atau penanda akan lokasi yang dipasangi safety line. Yuk supaya lebih memahami kita pelajari satu persatu:

safety line

Kontsruksi Tape

Sesuai dengan namanya makan Safety Line ini digunakan pada lingkungan pembangunan baik yang akan dimulai ataukah yang sedang tidak berjalan. Fungsinya sama memberikan batas pada area berbahaya kecuali pada petugas yang memang berwenang atas wilayah tersebut. Warna dari jenis konstruksi tape mempunyai standart internasional yang sudah dipatenkan menjadi standart dunia yang telah ditetapkan oleh ANSI dan OSHA. Hal tersebut juga merupakan salah satu upaya dari badan keamanan dunia untuk menyatukan pemahakan dan pemikiran pada penanada berbahaya yang di pasangi Safety Line tersebut.

Untuk jenis konstruksi tape memang lebih fokus pada warna hitam dan kuning yang sangat mencolok agar benar memberikan kesan tegas dan juga terang supaya terlihat dengan jelas baik dari jauh ataupun dekat. Selain digunakan untuk pembangunan , Safety Line bisa digunakan untuk lokasi kerja renovasi , pembongkaran gedung dan lain sebagainya.

Hazard Tape

Nah beda dengan jenis sebelumnya , untuk jenis Hazard Tape lebih banyak digunakan untuk memberikan batasan dan penanda bagi lokasi yang mengandung bahaya yang cukup besar untuk manusia dan alam sekitarnya. Lokasi yang dimaksud contohnya seperti area bertegangan tinggi seperti listrik atau lokasi yang mempunyai resiko tinggi untuk pemaparan zat kimia beracun yang tentu saja mampu membahayakan pekerja dan juga sekitar. Berbeda dengan jenis safety line konstruksi yang berdominan dengan satu jensi warna yaitu kuning dan hitam maka untuk jenis Hazard Tape penggunaan warna pada pembatas bisa berbeda- beda yang mempunyai arti berbeda sesuai dengan resiko yang bisa terjadi pada lokasi tersebut. Kuning hitam masih digunakan pada area ini namun hanya menunjukan bahwa area yang dibatasi memberikan resiko besar terhadap fisik manusia seperti adanya lubang , bisa juga adanya kerusakan jalan atau lokasi saja.

Contoh yang lain untuk area yang tinggi akan radiasi maka hazard tape yang digunakan mempunyai karakter warna magenta -yellow , Biasanya jenis pita pengaman radiasi dipakai dilokasi laboratorium , area produksi dan juga kawasan industri yang berkemungkinan besar mempunyai bahan atau proses berbahaya yang berhubungan dengan radiasi berbahaya.

Traffic Control Equipment

Setalah membahas tentang jenis pita pengaman untuk lokasi industri yang berbahaya , ada juga jenis traffic control yang manfaatnya sama sebagai penanda batasan bedanya untuk jenis traffic control dimanfaatkan untuk menjadi penghalang atau penertip lalu lintas. Jenis tape ini dimanfaatkan untuk memberikan sinyal atau penanda baik untuk pengendara sepeda motor ataupun mobil yang ada dijalan raya. Biasanya pemanfaatannya digunakan untuk menutup ruas jalan yang sedang diperbaiki , jalan raya yang macet untuk menstabilkan kondisi kemacetan jalan dan juga bisa untuk memberikan rambu bahwa jalan yang akan dilewati pengemudi karena alasan tertentu.

Pita Pemadam

Sesuai dengan namanya untuk penggunaan safety line ini ditujukan untuk pemakaian pada area yang sedang di berikan penanganan oleh tim pemadam , daerah yang jelas berbahaya akan langsung diberikan penanda supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Keadaan genting dan panik akan membuat korban dan juga sekitar menjadi kacau balau oleh karena itu tim pemadam harus segera menetralisir lokasi guna meminimalisir keadaan yang berbahaya tersebut.Dengan memberikan penanda pada lokasi maka pemadam juga mampu bekerja dengan baik dan maksimal , gangguan yang akan terjadi bukan hanya terbakar atau terkena api namun resiko lain seperti sesak nafas akibat asap dan juga terkena reruntuhan dari puing yang terbakar akan memberikan resiko berganda yang tentu saja dapat merugikan banyak pihak. Dengan adanya safety line pemadam maka keadaan yang sulit bisa diminimalisirkan resikonya.

safety line

Dari penjelasan diatas sudah kita pahami bahwa setiap lokasi yang ingin dibersihkan maka harus ada penanda yang jelas dan mudah dipahami supaya kelancaran pekerjaan menjadi semakin mudah serta resiko kerja pun akan semakin berkurang.

Selain pita tentu saja anda dapat menggunakan pembatas lain seperti traffc cone , traffic block dan lainnya. Untuk Traffic cone anda dapat memilih traffic cone yang berkualitas sehingga masa pakainya pun lama dan juga tetap membantu anda dalam memberikan penanda atau batas .

Selain traffic cone terdapat satu penanda lain yaitu Traffic Block

Traffic block adalah salah satu alat yang digunakan sebagai pembatas jalan , fungsinya untuk membantu pengguna jalan mengetahui batas jalan yang dapat digunakan . Pembatas ini sama diproduksi dengan warna warna terang yang mencolok mata sehingga para pengemudi bisa lebih peduli dan berhati-hati saat mengendari kendaraan mereka.

Semua rambu keselamatan tersebut bisa dapat anda temukan di Situansan , Jika anda membutuhkan Safety Line dengan harga yang kompetitif dan ingin berkonsultasi dengan tim marketing kami yuk klik link disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *