Home » Blog » Ring Buoy Sangat Penting Bagi Industri Perkapalan

Ring Buoy Sangat Penting Bagi Industri Perkapalan

  • by
ring buoy

Ring buoy merupakan salah satu jenis alat keselamatan yang digunakan untuk menyelamatkan orang yang mengalami kecelakaan di air , bisa saja korban jatuh ke lapisan air yang dalam seperti laut ataupun tenggelam. Penggunaan dari ring buoy banyak kita temui disekitar kita , paling umum bisa kita lihat di kolam-kolam renang umum. Sedangkan untuk dunia industri seperti industri perkapalan , fungsi ring buoy bahkan harus diwajibkan sebagai salah satu jenis alat keselamatan yang wajib ada. Pada industri perkapalan pemanfaatan ring buoy biasa di letakkan pada lambung kapal, untuk meletakkan ring buoy harus dilengkapi dengan tali serta lampu yang dapat menyala dengan otomatis.

Ring Buoy

Jenis Ring Buoy

Karena setiap jenis pelampung penyelamat ini mempunyai karakter pengguna masing-masing sehingga ring buoy diproduksi menjadi 2 jenis yang paling umum . Lebih lengkap yuk kita bahas selengkapnya disini

Jenis Gabus

Untuk jenis gabus merupakan jenis pelampung penyelamat yang paling umum digunakan untuk berbagai profesi ataupun pribadi. Untuk penggunaan pelambung berbahan fiber memang sama saja dengan yang berbahan lain , namun untuk jenis ini lebih ringan dan lebih murah untuk harganya.

Jenis Fiber

Untuk jenis fiber lebih didominasi digunakan untuk industri perkapalan dan berbagai indutri lain yang berhubungan dengan perairan. Untuk jenis ini mempunyai ketahanan penggunaan yang jauh lebih lama dibandingkan dengan jenis gabus. Harga untuk jenis ring buoy ini memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis gabus.

Ring Buoy

Syarat Kualitas Ring Buoy

Fungsi dari pelampung ini memang sangat vital karena bisa membantu menyelamatkan nyawa sesorang, sehingga untuk memproduksi pelampung dan menggunakannya maka anda juga harus memperhatikan beberapa aspek keamanan sebagai berikut :

  • Berat dari sebuah pelampung minimal 14,5 kilogram
  • Pelampung harus dicek secara detail bisa terapun di air selama 24 jam di area air tawar
  • Bahan pembuatan pelampung keselamatan harus kuat terhadap pengaruh minyak dan sejenisnya
  • Warna dari bahan pelampung harus terang, direkomendasikan berwarna cerah orange
  • Pada pelampung bisa diberikan keterangan identitas pemilik seperti nama kapal ataupun lokasi pemilik
  • Penggunaan tali juga harus diperhatikan sesuai standart , pemilihannya harus kuat dan sesuai dengan ukuran pelampung
  • Kuantitas dari pelampung di kapal penumpang minimal memiliki jumlah setengah pelampung dari jumlah penumpang hal tersebut
  • Kuantitas jumlah pelampung untuk kapal barang yang didominasi lebih banyak beban barang dibandingkan dengan penumpang. Untuk kapal barang minimal juga sama setengah jumlah pelampung dari jumlah penumpang, bedanya diberikan jenis pelampung lengkap dengan lampu otomatis dan juga peluit. Lampu yang dipilih harus bisa menyala di permukaan air minimal 1 jam setelah terendam air.
  • Penyimpananpelampung keselamatan harus rapi dan mudah terlihat dan juga mudah digunakan saat kondisi berbahaya, pelampung keselamatan yang diikat tidak boleh terlalu kuat dan rumit sehingga di kondisi darurat pengambilan ring buoy pun mudah dan praktis.
Ring Buoy

Kapal dan Ukuran Ring Buoy

Selama ini yang kita ketahui bersama bahwa semua ring buoy berapapun tidak masalah dalam pelayaran ataupun kapal anda , namun ternyata setiap kapal dan juga alat penyelamat pelampung yang digunakan memiliki kuantitas yang berbeda -beda . Hal tersebut berpacu pada ukuran kapal yang digunakan sehingga kapal dan alat penyelamatnya pun bisa seimbang. Ayo coba kita perhatikan dibawah ini :

  • Ukuran Kapal dengan panjang kurang dari 100 meter harus memiliki minimal 8 alat pelampung ring buoy
  • Ukuran Kapal dengan panjang 100 meter hingga 150 meter harus memiliki minimal 10 alat pelampung ring buoy
  • Ukuran Kapal dengan panjang 150 meter hingga 200 meter harus memiliki minimal 12 alat pelampung ring buoy
  • Ukuran Kapal dengan panjang lebih dar1 200 meter harus memiliki minimal 14 alat pelampung ring buoy

Perlengkapan Pendukung Ring Buoy

Setelah menemukan banyaknya jumlah ring buoy yang aman untuk perjalanan kapal anda , kali ini kita akan membahas tentang apa saya yang diperlukan untuk mendukung penggunaan dari pelampung ini. Supaya tidak salah langkah yuk perhatikan 🙂

Tali Pelampung

Untuk tali bisa di kategorikan sebagai alat yang wajib ada pada alat ini , tali berfunsgi untuk menggantung alat pada lokasi penempatan yang tepat sebelum digunakan, selain itu saat alat digunakan juga memerlukan tali untuk menarik korban yang jatuh pada permukaan air.

Man Overboard

Mungkin istilah ini sangat asing dan hanya beberapa user saja yang paham terhadap istilah ini, Man Overboard atau biasa disebut dengan MOB merupakan salah satu jenis aksesoris pendukung dari pelampung yang biasanya menempel langsung pada lifebuoy , fungsi nya adalah memberikan asap yang berwarna orange saat korban jatuh ke permukaan air secara otomatis. Penempatan alat ini bisa juga dikaitkan dengan tali pada pelampung.

Bracket

Untuk pendukung ini lebih pada penyimpanan atau peletakan dari pelampung keselamatan , memang sebagian besar pelampung bisa saja ditempatkan pada sisi kapal. Namun secara standart penempatan pelampung keselamatan bisa langsung di letakan pada lemari khusus ataupun bentuk bracket. Bracket yang digunakan tentu saja harus memounyai kualitas yang tahan lama dan kuat terhadap angin laut yang pasti mudah sekali berkarat jika harus menggunakan besi biasa. Sebagian besar bracket yang dibuat berasal dari bahan stainless steel sehingga bahan bracket pun dapat tahan lama.

Cara Merawat Pelampung Keselamatan

Kali ini kita akan bahas tahapan selanjutnya tentang cara merawat Pelampung Keselamatan supaya bisa tahan lama dan juga dapat digunakan dengan baik saat keadaan darurat dibutuhkan

Periksa Fisik Berkala

Memang bahan Pelampung Keselamatan didesain dengan kuat dan tahan lama sehingga sampai sekarang belum ada masa kadaluarsa dari produk ini, namun untuk keamanan dan keselamatan manusia hendaknya pihak yang mempunyai tanggung jawab pada alat tersebut melakukan pemeriksaan fisik barang secara berkala. Pelampung Keselamatan yang lubang atau sobek tentu saja membahayakan keamanan manusia yang kelak akan menggunakannya. Melakukan pemeriksaan secara berkala bisa dilakukan dengan tabel pemeriksaan yang didalamnya terdapat tanggal pemeriksaan , kondisi barang dan juga keterangan apakah barang tersebut lolos pemeriksaan keamanan atau tidak.

Aksesoris Pelampung

Selain memeriksa benda utamanya anda juga harus memeriksa beberapa bagian atau aksesori pendukung dari alat ini , fungsi sempurna dari ring buoy light , Man overboard , Tali serta tempat pentimpanan merupakan beberapa faktor yang juga mempengaruhi keselamatan manusia jika terjadi keadaan darurat. Sehingga sangat disayangkan jika masih ada pihak yang membiarkan keadaan buruk pada aksesoris tersebut, ayo lebih peduli pada hal-hal kecil yang kita anggap remeh karena hal kecil tersebutlah yang mendukung proses keselamatan manusia.

Informasi lengkap seputar dunia alat keselamatan kapal tentang pelampung keselamatan semoga bermanfaat untuk anda, diharapkan anda bisa memilih kualitas pelampung keselamatan yang sesuai standart keselamatan yang benar. Jika anda membutuhkan ring buoy , kami selalu siap membantu anda. Butuh ring buoy sekarang? Ayo klik saja disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *