Home » Blog » Meteran Saku & Berbagai Macam Jenis Lainnya

Meteran Saku & Berbagai Macam Jenis Lainnya

  • by
meteran saku

Meteran saku merupakan jenis alat ukur yang berguna untuk mengukur jarak dan panjang sebuah obyek benda. Selain mengukur panjang serta jarak alat ini juga dapat mengukur sudut, siku bahkan ada yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah lingkaran. Meteran merupakan sebuah barang umum yang sangat mudah didapatkan , selain ringan dan awet meteran juga dapat digunakan dalam berbagai bidang ukur. Meteran mempunyai tingkat ketelitian yang cukup akurat hingga 0,5mm. Meteran mempunyai beberapa varian jenis panjang mulai 3 meter , 5 meter hingga 30 meter. Didalam sebuah meteran terdapat beberapa jenis satuan angka seperti mili meter , centi meter , meter , inch dan feet.

Bahan Meteran

Karena alat ini digunakan untuk mengukur berbagai jenis bidang maka bahan dari meteran pun juga diproduksi dari berbagai jenis bahan. Hal tersebut disesuaikan dengan bidang pengukurannya dan penyesuainnya. Jenis bahan dari meteran sebagai berikut :

Bahan Kain

Untuk jenis yang berbahan kain dibuat dari kain linen anyaman tembaga atau kuningan. Kelebihan dan meteran jenis kain adalah mudah diaplikasikan pada banyak bidang , karena lebih fleksible serta dapat mengikuti alur benda yang diukur. Jenis kain ini mempunyai kekurangan yaitu mudah rusak , cepat memuai dan juga nilai keakuratannya cukup rendah.

Bahan Baja

Jenis ini terbuat dengan bahan baja yang direkomendasikan sebagai alat ukur yang paling tahan lama. Selain itu bahan baja tahan terhadap air dan juga tidak mudah memuai. Namun karena berbahan baja maka pengukuran menggunakan bahan baju tidak fleksibel, sangat sulit untuk disesuaikan dengan bidang yang berkelok. Penggunaan jenis ini cocok untuk bidang lebar dan lurus.

Baja Aloy

Jenis ini mempunyai perbedaan dengan jenis baja biasa , jenis alat ini mempunyai perpaduan jenis bahan dari nikel dan baja sehingga kualitas untuk bahan baja alloy lebih bagus dibandingkan dengan baja murni tanpa campuran. Hasil dari perpaduan kedua bahan tersebut menghasilkan meteran dengan kualitas terbaik , awet , tidak mudah terpengaruh oleh suhu sekitar yang diterima serta tingkat pemuaiannya pun juga sangat rendah. Untuk tingkat ketelitian dari meteran ini bisa dibilang merupakan yang paling tinggi diantara kedua jenis sebelumnya.

Jenis Meteran

Jenis meteran dibagi dalam berbagai jenis tergantung dari pengaplikasian dari meteran itu sendiri, jenis dibagi berdasarkan fisik dan peggunaanya. Yuk kita bahas apa saja jenis dari meteran itu sendiri sebagai berikut :

Meteran Saku

Kadang banyak kalangan yang mengartikan bahwa Meteran saku adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur ukuran baju manusia , biasanya sangat umum digunakan untuk industri fashion seperti penjahit dan desainer. Selain kecil dan mudah dalam pemindahan , memang kebutuhan dalam kepraktisan alat ukur saku. Namun hal tersebut salah , yang benar dari keterangan diatas adalah meteran untuk penjahit. Penjelasan yang benar untuk alat ukur saku merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur obyek kerja terutama bahan material serta jarak yang diukur pada pekerjaan industri , konstruksi, proyek bahkan bidang kategori lainnya. Alat ini sering disebut juga dengan alat ukur plat dan memang karena dimensinya juga cukup kecil maka dapat di bawa kemana-mana dan dapat dikantong di dalam saku. Sehingga saat user membutuhkan , anda bisa segera menggunakannya tanpa harus mengambilnya terlebih dahulu di gudang atau tool kit anda.

Meteran

Meteran Roll

Bidang konstruksi merupakan contoh bidang yang sangat membutuhkan meteran untuk memabantu pekerjaan anda. Selain mengukur benda atau obyek yang pendek , bidang konstruksi membutuhkan alat untuk mengukur material atau bangunan yang mempunyai jarak yang sedang hingga jarak panjang. Untuk mengukur bidang yang panjang anda tidak perlu khawatir. Telah diciptakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur jarak panjang yaitu jenis Roll. Meteran roll biasanya mempunyai panjang 10 meter hingga 50 meter. Karena jaraknya panjang maka saat menggunakan alat ini , anda membutuhkan bantuan pengait di ujung titik yang anda ukur sehingga anda bisa memaksimalkan ketelitian dari pengukuran itu sendiri.

Meteran

Meteran Penyiku

Meteran memang identik dengan model umum seperti gambar dibawah ini , namun untuk meteran jenis 1 ini memang sangat jarang di gunakan pada orang awam. Untuk penggunaan jenis penyiku banyak dimanfaatkan untuk proses pembangunan pilar sudut atau area yang membutuhkan ketelitian sudut dari sebuah bidang. Pengukuran sudut sangat penting karena sudut merupakan hal vital untuk penopang sebuah bangunan. Bentuk dari jenis ini ialah seperti penggaris yang mempunyai titik di salah satu sisinya berbentuk siku atau suduh 90 derajat. Nah untuk penggunaan sudut siku maka diwajibkan dilakukan dengan benar , ciri nya adalah saat anda mengukur sudut 90 derajat maka sisi luar meteran harus menempel sepenuhnya tidak ada rongga sekecil apapun.

Theodolite

Untuk jenis pengukur yang satu ini mungkin anda pernah lihat saat menemui proses awal pembangunan sebuah gedung , theodolite merupakan salah satu alat ukur yang mampu mengukur tinggi tanah. Pengaplikasiannya pun cukup mudah dengan meletakkan alat diatas permukaan tanah , alat tersebut dilengkapi dengan sensor khusus yang dapat mengukur kedalaman tanah. Cara kerja alat ini dapat menentukan sudut horizontal serta sudut vertikal diantara kedua titik lapangan. Ketelitian sudut yang dapat dibaca oleh alat ini sangat cepat bahkan satuan detik.

Meteran

Manometer

Dalam beberapa industri selain meteran umum juga diperlukan meteran jenis lain seperti manometer. Manometer berfungsi untuk mengukur gas ataupun cairan , biasanya jenis ini digunakan untuk proses pengelasan yang menggunakan gas. Fungsinya adalah untuk mengetahui seberapa besar tekanan gas yang terkandung dalam sebuah tempat. Alat ini terpasang pada tabung.

Stopwatch

Jenis alat ukur yang satu ini adalah yang paling umum anda ketahui , stopwatch pun sekarang juga sudah bergabung dengan alat komunikasi anda. Hampir 100% handphone jaman sekarang mempunyai fitur untuk menggunakan kemampuan alat ini. Fungsi utamanya adalah untuk mengukur waktu berapa lama sebuah produk dihasilkan atau bisa digunakan untuk menghitung waktu seorang pelari saat berlatih atau bahkan saat menjalani perlombaan dan masih banyak lagi manfaat dari stopwatch ini.

Waterpass

Waterpass berguna untuk mengukur sebuah bidang sehingga membentuk garis lurus atau rata. Cara kerja waterpass adalah dengan meletakkan alat pada bidang yang akan di ukur. Jika waterpass menunjukan sisi kedua bidang seimbang berarti posisi bidang sudah rata, jika tidak itu artinya anda harus membenahi bidang anda terlebih dahulu sampai rata jika anda menginginkan hasil yang sempurna. Waterpass bisa digunakan untuk dua arah pengukuran yaitu arah vertikal dan arah horizontal.

Welding Gauge

Sesuai dengan namanya anda pasti sudah dapat memprediksi dimana pemanfaatan alat ukur ini . Welding gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui dimensi atau ukuran bidang yang akan dilas. Beberapa titik yang biasanya akan di ukur adalah sudut bevel root face , lebar gap ataupun tinggi akar las . Karena pengelasan harus dilakukan oleh user yang berpengalaman , maka menggunakan alat inipun harus dilakukan oleh user yang handal pula.

Meteran Laser

Meteran laser ialah alat ukur yang menggunakan kemampuan digital laser untuk mendapatkan nilai ukurnya, cara kerja alat ini menggunakan sistem teori pythagoras sehingga dapat mengukur hasil dari pengukuran secara cepat dan langsung. Karena kemampuannya yang tinggi maka harga dari produk ini pun tergolong tinggi , namun jika rutin dan sangat dibutuhkan tidak ada salahnya anda mencobanya.

Meteran

Voltmeter

Voltmeter merupakan sebuah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur besar dan kecilnya tegangan listrik , cara penggunaan dari alat inipun cukup mudah dengan menghubungkan alat voltmeter dengan jenis beban yang akan diukur secara paparel. Alat ini wajib di miliki oleh semua petugas yang bekerja dibidang kelistrikan, dengan adanya alat ini dapat membantu para petugas untuk melakukan tugasnya saat membenahi atau memasang arus listrik. Pekerjaan pun menjadi mudah dan tetap aman.

Barometer

Berbeda dengan voltmeter , jenis barometer merupakan sebuah jenis alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan udara dari sebuah obyek ataupun tempat. Alat ini juga dapat mengukur ketinggian dari suatu tempat , memprediksi keadaan cuaca sebuah daerah. Kenapa bisa begitu ? Karena jikatekanan dari sebuah tempat itu tinggi maka cuaca pasti akan cerah begitu juga sebaliknya jika suhu udara nya rendah kemungkinan besar akan terjadi hujan. Namun kembali lagi dengan pemanasan global maka tak jarang sebuah cuaca dapat berubah ekstrim dan cepat.

Amperemeter

Sesuai dengan namanya , jenis alat ukur ini digunakan untuk mengukur besar kecilnya aruh listrik yang ada pada benda atau obyek ukur lainnya. Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan alat dan obyek benda secara seri.

Kwhmeter

Nah untuk jenis yang ini mungkin tidak banyak yang tau. Jenis ini berbeda dengan volt dan amperemeter. Meskipun ketiganya mempunyai kesamaan yakni berhubungan untuk pengukuran listrik namun kwhmeter mempunyai fungsi yang berbeda. Kwh meter digunakan untuk mengukur berapa besar daya yang telah digunakan , bentuk dari kwhmeter berbentuk seperti piringan dan digital. Alat ini terpasang pada tiap bangunan rumah , kantor , gedung ataupun gudang yang menggunakan listrik. Piringan atau digital pengukur nya dapat bergerak sesuai dengan daya yang telah dipakai. Untuk membantu maksimalkan penggunaan kwh meter digital dibutuhkan tambahan alat yang disebut dengan current transformer.

METERAN

Timbangan Neraca

Timbangan atau neraca pasti sudah anda ketahui fungsi umumnya yaitu untuk membantu anda mendapatkan nilai ukur dari sebuah barang yang ditimbang.Setiap benda memiliki massa, bobot dan juga gaya berat yang ditimbulkan oleh gaya tarik bumi. Oleh karena itu timbangan masih sangat digunakan untuk kalangan pribadi maupun industri sekalipun.

METERAN

Densitometer

Kalau alat yang satu ini malah sangat awam mungkin di telinga anda , apa itu densitometer? Densitometer merupakan sebuah alat ukur yang mengukur tingkat kegelapan suatu ruangan , benda ataupun obyek transparan dan berbentuk film. Cara kerjanya mudah , letakkan obyek yang akan diukur pada alat tersebut , tekan tombol on untuk mereset dan anda akan mendapatkan nilainya dengan cepat dan akurat.

METERAN

Informasi untuk beberapa jenis meteran sudah kami informasikan , jika anda membutuhkan Meteran dengan harga terbaik anda dapat langsung menghubungi tim marketing kami di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *