Home » Blog » Jangkar Kapal Kenali Fungsinya Lebih Dalam

Jangkar Kapal Kenali Fungsinya Lebih Dalam

  • by
jangkar kapal

Jangkar kapal merupakan alat yang dipakai untuk menambat kapal yang dioperasikan dengan diturunkannya jangkar ke dasar sungai , laut ataupun jenis perairan yang lain. Jangkar ini berguna untuk menahan posisi kapal agar tetap pada posisi awal kapal berhenti sehingga tidak bergerak karena gelombang air , arus air ataupun angin yang besar.

Sejarah

Jangkar dibuat pertama kali degan karung yang didalamnya diisi dengan kayu yang berat ataupun pasir , kadang juga diisi oleh timah sehingga kapal tetap pada posisinya.Dioperasikan dengan bantuan mesin yang dihubungkan dengan bagian forecastle desck kapal.

Setelah berkembangnya jaman , jangkar diciptakan dengan berbagai jenis

  1. Berdasarkan Peletakan
  2. Berdasarkan bentuk dan fungsinya
jangkar kapal

Berdasarkan Peletakan

Danfort Stock Anchor

Jenis ini memiliki daya cengkram yang lebih kuat dibanding jenis lain. Jangkar ini mempunyai tongkat atau sisi panjang dikedua ujungnya oleh karena itu jenis ini bisa menancap pada dasar laut dengan baik dan kuat.

Jenis ini sangat di dominasi penggunaanya untuk industri pelayaran atau perkapalan biasanya dipakai untuk kapal yang mempunya length atau panjang yang mencapai 100 kaki. Peletakan biasanya ada di bagian gelandang kapal.

Selain memiliki daya cengkram kuat , jangkar ini bisa ditancapkan di area pasir ataupun lumpur . Selain pasir dan lumpur jenis ini tidak cocok karena tiang dari jangkar tidak bisa masuk Hawse Pipa yang ada di kapal.

Mushroom Anchor

Kenapa disebut Mushroom Anchor ? Karena berbentuk seperti jamur biasanya digunakan untuk kapal berukuran kecil dan ukurannya pun didesain kecil sama seperti penggunaannya.

Jenis ini cocok digunakan di area yang berlumpur karena bentuk nya yang menyerupai mangkok.

jangkar kapal

Stockless Anchor

Jenis ini didesain untuk kapal yang berukuran besar atau disebut alat utama sebuah kapal. Jangkar besar ini diletakkan di kedua sisi kapal dan kedua nya harus memilik berat yang sama supaya kapal tetap seimbang dan tidak berat satu sisi.

Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya

Scream Anchor

Jenis ini memiliki berbagai ukuran dan umumnya telah dilengkapi dengan jangkar arus , berguna untuk membantu menahan haluan ataupun arus saat kapal akan berlabuh supaya posisi buritan kapal tidak bergerak.

Hall

Digunakan untuk kapal hall ataupun kapal komersil atau pengangkut. Bentuknya seperti piring dan atas nya berbentuk seperti trisula.

AC14

Jenis ini dipakai untuk kapal khusus aquaculture dan juga kapal komersial , dan penggunaanya bisa efisien karena bisa disesuaikan dengan berat yang di butuhkan Namun masih ada batas penurunan berat tidak bisa drastis tetap harus mendekati ukuran berat aslinya.

Jangkar Spek

Bentuknya hampir sama dengan kapal hall namun bentuknya berbeda karena terdapat tutup diatas bentuk piring pada jangkar. Fungsinya sama untuk kapal komersil dan pengangkut.

Danforth

Biasanya jenis ini dimanfaatkan untuk kapal boat dan kapal komersil. Bahan jenis ini adalah baja yang memiliki kekuakatan tinggi sehingga cengkramannya baik untuk menahan posisi kapal.

Stevin

Jenis ini diutamakan untuk kegiatan offshore , karena kemampuannya menahan beban tinggi dan jenis ini masi termasuk satu kategori dengan type tinggi Holding power anchor.

Selain jenis jangkar diatas sobat juga harus tau apa saja perlengkapan kapal yang harus sobat pahami juga.

  1. Rantai Jangkar
    Manfaatnya untuk menghubungkan kapal dan jangkar supaya tidak terlepas saat diturunkan atau ditarik kembali ke kapal
  2. Hawse Pipe
    Disebut juga tabung jangkar bentuknya pipa logam yang digunakan untuk mengikat rantai dan ukurannya disesuaikan dengan diameter mata rantai yang dipasang pada jangkar.
  3. Chain Pipe
    Tabung pada geladak kapal yang terbuat dari besi , fungsinya sebagai media atau jalannya rantai untuk naik dan turun dari kapal itu sendiri
  4. Chain Controller
    Berguna untuk mengontrol jangkar untuk naik dan turun
  5. Chain Stopper
    Alat untuk mengentikan jalannya rantai saat turun dari kapal, lebih tepatnya untuk mengatur panjang pendeknya rantai hingga jangkar menancap pada dasr perairan ataupun laut.
jangkar kapal

Cara Kerja

Jangkar yang diturunkan kedalam perairan atau dasar laut mencengkram atau menggingit dasar laut . Sebelum memasang jangkar pastikan jangkar yang dipilih cukup berat sehinggap bisa menancap pada dasar dengan tepat dan tidak terlepas kecuali ditarik dari kapal.

Setelah membaca artikel ini pasti sobat situansan memahami pentingnya fungsi dari jangkar , dan bisa diartikan jangkar adalah salah satu komponen yang penting atas kelancaran industri kapal. Mau butuh jangkar kapal yang berkualitas ? Yuk selengkapnya klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *