Home » Blog » Eyewash Fungsi dan Cara Merawatnya

Eyewash Fungsi dan Cara Merawatnya

  • by
eyewash

Untuk beberapa orang tentu akan merasa asing dengan yang namanya eyewash, dimana alat tersebut akan selalu ada pada area kerja. Alat ini mempunyai fungsi sebagai pembersih mata, sebab untuk beberapa tempat kerja seperti pabrik yang menggunakan bahan-bahan kimia. Dikhawatirkan jika para pekerja terkena oleh semburan bahan kimia tersebut.

Dengan mempunyai alat ini pada area kerja pastinya akan membantu proses pembersihan mata. Namun, ada hal-hal yang perlu untuk diperhatikan karena bisa jadi alat tersebut sudah dipasang tapi proses perawatannya tidak diperhatikan dengan baik.

Apakah Eyewash Bersih dan Higienis?

Alat eyewash yang juga sering disebut sebagai stasiun pencuci mata, dimana alat tersebut menjadi tampungan air bersih yang berguna untuk membersihkan bagian mata para pekerja. Hal ini umumnya akan dilakukan sesekali saja. Namun, apakah Anda pernah berpikir jika keadaan air di dalam alat tersebut higienis? Apa lagi jika dipakai cukup sering.

Dari beberapa kejadian di tempat kerja, sering kali ditemukan adanya organisme yang tumbuh di dalam alat tersebut. Biasanya untuk alat yang sudah lama tidak dipakai atau memang tidak dibersihkan secara rutin.

Jika saja terdapat para pekerja yang mencuci matanya dengan memakai air dari alat eyewash tersebut, malah akan membuat mata terinfeksi. Bukannya malah membuat mata bersih dan terbebas dari bahan kimia malah terjadi hal buruk. Jika hal ini terjadi dan dibiarkan saja maka akan membuat infeksi mata yang kian parah.

Permasalahan kesehatan mata akan muncul jika keadaan kebersihan stasiun pembersih mata tidak diperhatikan. Nah, berikut ini adalah daftar dari beberapa organisme yang dapat muncul di dalam air eye wash:

Eyewash

Acanthamoba

Untuk organisme pada alat eyewash yang satu ini bisa mengakibatkan infeksi mata, bahkan terdapat beberapa kasus tapi jarang sekali organisme keratitis acanthamoeba ini bisa mengakibatkan infeksi neurologis atau seluruh tubuh.

Pseudomonas aeruginosa

Berikut ini merupakan organisme yang bisa mengakibatkan infeksi pada bagian mata, kulit, otot-otot bahkan sampai paru-paru. Tanda-tanda dari infeksi seperti ini muncul karena adanya nanah yang berwarna hijau kebiruan pada sekitar daerah yang telah terinfeksi.

Ketika infeksi ini menyebar melalui aliran darah, maka seorang pekerja bisa merasakan sakit disertai dengan demam, menggigil, merasa kebingungan, disertai shock bahkan sampai mengalami kematian. Dan perlu Anda ketahui jika infeksi yang berasal dari pseudomonas aeroginosa sangat sulit untuk diobati sebab telah mengembangkan resistensi pada sejumlah antibiotik.

Legionella

Organisme selanjutnya merupakan legionella yang merupakan sekelompok bakteri hidup pada alam dengan amoeba yang bisa mengakibatkan infeksi paru-paru yang sangat parah. Dikarenakan acanthamoeba menjadi salah satu organisme yang cukup aktif seperti legionella sehingga keduanya bisa hidup secara bersamaan dalam air di peralatan pembersih mata seperti alat eyewash.

Walaupun organisme legionella ini tidak akan mengakibatkan infeksi pada mata, tapi jika saja tetesan dari air yang telah mengandung bakteri tersebut terhirup pada pekerja yang ada di pabrik. Maka hal itu akan mengakibatkan penyakit legionnaires yang merupakan bentuk paling parah dan fatal dari pneumonia. Itulah mengapa pentingnya membersihkan peralatan eyewash secara rutin.

Pastinya hal ini sangat mengkhawatirkan bagi para pekerja, jika saja tidak memiliki seorang petugas yang melakukan pembersihan pada alat eyewash tersebut. Maka peluang terserang penyakit akan sangat besar bagi para pekerja dikarenakan bakteri-bakteri tersebut.

Agar bisa mengantisipasi hal itu, akan lebih baik jika membaca petunjuk dari buku panduan ketika sudah melakukan pemasangan eyewash. Kapan dan bagaimana cara penanganan ataupun cara dalam perawatan. Pastikan untuk meluangkan waktu dalam pemantauan pembersihan peralatan tersebut.

Bagaimana Menjaga Alat Eyewash?

Peralatan dari cuci mata yang telah disediakan oleh pabrik atau perusahaan, tidak semata-mata dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan khusus. Karena air yang digunakan untuk cuci mata harus melalui alat penyaring, jika saja selang tersebut tidak dibersihkan tentunya dapat menimbulkan banyak penyakit pada mata. Berikut ini adalah tips dalam perawatan alat eyewash:

Eyewash

Bersihkan Secara Rutin

Pastikanlah untuk melakukan pembersihan pada peralatan cuci mata setidaknya seminggu sekali agar dapat melihat apakah alat tersebut masih bisa beroperasi secara normal. Karena tidak saja terdapat hal-hal yang menjadi penyebab mengurangi kemungkinan akumulasi sedimen pada pipa pasokan air stagnan. Yang mana pada akhirnya akan membuat pertumbuhan dari banyaknya mikroba.

Untuk sumber air yang dipakai dalam pembersihan mata alat eyewash untuk karyawan setidaknya harus diganti sekali sehari. Karena hal tersebut memiliki kaitannya dengan kualitas air. Tahunan dari perangkat pencuci mata sangat dibutuhkan karena tersebut akan melihat apakah peralatan masih dalam kondisi yang baik.

Gunakan Pedoman Teknik Pemakaian

Untuk perusahaan ataupun pabrik yang memang memiliki lingkungan kerja cukup berbahaya. Maka harus memastikan menyediakan pedoman dalam teknik pemakaian yang tepat, sehingga para pekerja bisa menggunakan peralatan cuci mata dan mandi dengan benar. Setiap pekerja harus melakukan pelatihan untuk melindungi diri yang benar.

Misalnya saja menggunakan kacamata pelindung, alat eyewash, memakai masker wajah, memakai sarung tangan pelindung dan juga menggunakan pelindung kimia. Pihak perusahaan juga harus meminta kejelasan mengenai detail perawatan dari cuci mata tersebut.

Bagaimana Pemasangan Eyewash yang Benar?

Ketika Anda baru saja melakukan pemasangan pembersih mata pada tempat kerja, pastikan mengetahui beberapa hal seperti berikut ini:

  • Pembersih mata mampu memancarkan air secara serempak kedua mata dengan kecepatan 3 galon per menit kurang lebih selama 15 menit.
  • Posisi berdiri pada 33 sampai 45 inci dari lantai.
  • Tekanan dari pancaran air tidak boleh terlalu tinggi sehingga tidak membuat mata mengalami cidera.
  • Aktivasi mempunyai kecepatan 1 detik atau kurang dari 1 detik jauh lebih baik.
  • Alat harus dipasang pada tempat yang mudah dilihat atau pun mempunyai tanda sehingga mudah ditemukan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh para pekerja.

Biasanya emergency eye wash akan berdekatan dengan emergency shower, kemudian kedua peralatan tersebut harus ditempatkan sekitar 10 sampai 20 kaki dari tempat yang berbahaya. Jika mengikuti standar the American National Standards Institute, maka air hangat-hangat kuku yang paling cocok digunakan untuk membilas mata.

Umumnya untuk air yang dipakai berkisar di antara 80 sampai 90 derajat Fahrenheit. Karena sebegitu pentingnya peralatan ini, pada setiap tempat kerja yang melibatkan bahan-bahan kimia wajib mempunyai alat eyewash dan juga emergency shower.

Waktu Penggunaan Eyewash Yang Tepat

Apa yang terjadi pada saat mata sudah terkena percikan dari bahan kimia? Kemudian bagaimana cara pemakaian pembersih mata tersebut jika sudah terkena bahan kimia? Berikut ini adalah penjelasannya:

Sakit Kelenjar Air Mata

Untuk beberapa orang yang bekerja pada pabrik dengan bahan kimia ataupun berada di laboratorium, kemungkinan besar akan terciprat zat-zat tertentu. Atau Jika saja Anda membersihkan rumah yang memakai cairan pembersih lantai, bisa saja tidak sengaja terciprat oleh cairan pembersih lantai.

Apabila bahan kimia seperti ini masuk ke dalam mata, maka segeralah untuk membilas dengan air bersih ataupun larutan pembersih mata dalam kurun waktu yang lama. Berikut ini adalah penjelasan dalam penggunaan pembersih mata atau alat eyewash yang paling benar:

  • Jika mengalami iritasi sedang sampai berat yang diakibatkan oleh bahan kimia kemudian juga mengakibatkan toksisitas akut, yang dikarenakan oleh pemutih, asam asetat dan juga formaldehida. Maka waktu yang paling tepat adalah 15-20 menit pembersihan.
  • Pada saat mata terkena bersihkan bahan kimia yang memiliki sifat korosif seperti asam sulfat. Maka waktu pembersihan yang paling tepat adalah sekitar 30 menit.
  • Ketika mata terkena bahan kimia alkalin yaitu seperti kalium, nutrium dan juga kalsium hidroksida, maka proses pembersihan dilakukan selama 60 menit. Bahan-bahan organik seperti ini mengakibatkan sensasi terbakar pada mata sehingga membutuhkan waktu yang jauh lebih lama ketika membersihkannya.

Sangat disarankan untuk lebih berhati-hati ketika membersihkan mata yang dikarenakan oleh bahan kimia. Apabila Anda mengalami gejala infeksi mata yang jauh lebih parah, misalnya seperti mata bengkak, penglihatan berbayang, nyeri hebat pada bagian mata, sakit kepala maka segera melakukan konsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

eyewash

Cara Menjaga Kesehatan Mata Setelah Pakai Eyewash

Apabila mengingat seberapa penting fungsi dari mata, maka sangat disarankan untuk jauh lebih hati-hati ketika melakukan sesuatu. Terlebih lagi untuk Anda yang memang memiliki pekerjaan dengan bergelut bersama bahan-bahan kimia. Meskipun sudah menggunakan pembersih mata atau alat eyewash yang telah disediakan oleh perusahaan, Anda sendiri juga harus menjaga kesehatan mata.

Dimana langkah ini akan membuat kondisi mata lebih cepat sembuh pada saat terkena iritasi dari bahan kimia. Berikut ini adalah cara yang bisa diikuti:

Periksakan Mata Secara Rutin

Sebetulnya setiap orang dimulai dari anak-anak bahkan sampai lansia disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan mata secara rutin, setidaknya pemeriksaan tersebut dilakukan selama 2 tahun sekali. Orang dewasa sendiri yang usianya di atas 40 tahun mesti disarankan melakukan periksa mata secara rutin.

Hal ini memiliki tujuan agar bisa mencegah penyakit pada mata. Karena dengan melalui pemeriksaan mata dokter pun dapat memantau kondisi serta mendeteksi sejak dini apakah terdapat masalah pada mata yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Bukan hanya itu saja, pemeriksaan mata ini sangat penting dilakukan jika memang Anda merupakan seorang karyawan ataupun pekerja dalam pabrik dan laboratorium. Biasanya kedua tempat tersebut sangat banyak menggunakan bahan-bahan kimia, sehingga bisa jadi terkena cipratan cairan dari bahan kimia tersebut, meskipun Anda sudah membersihkannya dengan alat eyewash.

Konsumsi Makanan Bergizi

Agar dapat menjaga kesehatan mata meskipun sudah menggunakan pembersih mata yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, makanan dengan kandungan asam lemak omega 3, lutein dan selenium.

Makanan yang memiliki kandungan nutrisi seperti ini, akan lebih cepat menyembuhkan iritasi yang dikarenakan oleh percikkan bahan kimia dari tempat kerja. Meskipun sudah menggunakan alat eyewash dari tempat kerja, tapi tetap saja mengkonsumsi makanan seperti ini sangat disarankan.

Jangan Menggunakan Ponsel Terlalu Lama

Dikarenakan seringkali terpapar oleh adanya radiasi dari bahan-bahan kimia tentu menyebabkan berbagai masalah pada mata. Gejala tersebut bisa berupa nyeri pada bagian mata, mata merah, dan mata terasa gatal. Namun, gejala lain juga dapat dirasakan seperti halnya nyeri pada leher, nyeri pada bahu dan juga punggung. Akan lebih baik pada saat beristirahat kerja, banyak melihat tumbuhan ataupun pohon-pohon dengan warna hijau segar.

Bisa juga selama 20 menit sekali mengalihkan pandangan selama beberapa detik saja, yang mana hal tersebut akan meminimalisir paparan dari bahan kimia mengenai mata. Jika saja kondisi mata yang terasa kering, maka segeralah untuk mencucinya di alat pembersih mata atau alat eyewash yang telah disediakan oleh perusahaan.

Hindari Sinar Ultraviolet

Bukan hanya kulit wajah, mata juga harus dilindungi dari efek bahaya sinar ultraviolet. Hal ini dikarenakan mata yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet akan lebih memiliki risiko mengalami berbagai macam penyakit. Contohnya seperti katarak, degenerasi makula, kornea terbakar sampai kanker mata.

Sinar ultraviolet ini bisa didapatkan ketika Anda bekerja pada pabrik yang menggunakan mesin tertentu. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan peralatan keselamatan seperti halnya kacamata hitam khusus untuk pekerja pabrik atau perusahaan. Setelah itu, lakukan juga pembersihan mata dengan alat eyewash secara rutin.

Cara Dapatkan Eyewash Terbaik

Setelah kita mengetahui apa itu peralatan cuci mata bahkan sampai cara perawatannya. Jika memang Anda membutuhkan peralatan tersebut untuk memenuhi standar operasional dari pabrik dan perusahaan. Pastikanlah untuk mencari peralatan cuci mata terbaik dari produsen terbaik pula. Lalu bagaimana tips memperoleh alat pembersih mata yang bagus? Langsung saja ikutilah penjelasan mengenai triknya di bawah ini:

eyewash

Produsen Terkenal

Pilih produsen yang terkenal menjadi salah satu tips yang dapat Anda pakai, karena seperti yang kita ketahui jika produk-produk alat eyewash yang berasal dari merk terkenal memang sudah teruji kualitasnya. Dimulai dari bahan-bahan yang dipakai, keawetan dan juga pastinya sudah berstandar nasional ataupun internasional.

Pilih Toko Terpercaya

Untuk tips yang kedua, perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli peralatan dari cuci mata melihat terlebih dahulu apakah toko yang menjual terpercaya. Meskipun peralatan yang dijual cukup berkualitas dengan merek ternama, tapi belum tentu toko yang menjualnya bisa dipercaya.

Cara agar bisa mengetahui apakah toko alat eyewashtersebut memang bagus dan terpercaya ialah dengan melihat bagaimana testimoni yang dimiliki oleh toko tersebut. Biasanya ada toko toko online Akan terdapat bagian testimoni yang berisi ulasan dari pelanggan sebelumnya.

Jika saja banyak pelanggan yang merasa puas akan pelayanan kemudian bareng juga dikirim sesuai dengan pesanan. Maka tak ada salahnya jika memilih tokoh tersebut.

Pilih Toko Dengan Informasi Lengkap

Saat melakukan pembelian peralatan cuci mata atau alat eyewash melalui toko online, pastikanlah jika toko tersebut telah memberikan informasi secara lengkap. Informasi secara lengkap seperti itu, bisa juga dari deskripsi toko ataupun deskripsi dari peralatan cuci mata. Untuk deskripsi toko, pastikan jika mereka memberitahukan alamat lengkap toko fisik yang mereka miliki.

Kemudian pastikan pula jika mereka selalu memberikan informasi contact person yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu terdapat masalah pada proses pengiriman ataupun barang yang dikirim. Di mana kontak pesan tersebut berguna sebagai tempat komplain. Dan jika informasi yang diberikan lengkap maka dapat diartikan jika toko betul-betul profesional dan bertanggung jawab akan kinerja mereka.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai informasi tentang alat eyewash. Pastikanlah untuk membeli peralatan cuci mata yang berkualitas dan bisa bertahan dalam kurun waktu lama. Penggunaan dari peralatan cuci mata seperti ini tentu saja dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan oleh para pekerja. Sehingga para pekerja pun juga merasa lebih aman dengan adanya alat ini.

Jika anda membutuhkan informasi lebih tentang eyewash , dan ingin membeli eyewash yang cocok untuk industri dan proyek anda. Tim marketing profesional kami akan segera membantu anda , yuk klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *